Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 20 Feb 2019 23:48 WIB

Bos Besar Freeport Dua Kali Minta Ketemu Jokowi, Tapi Ditolak

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Richard Adkerson CEO Freeport McMoRan/Foto: Ari Saputra Richard Adkerson CEO Freeport McMoRan/Foto: Ari Saputra
Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan, bos Freeport McMoRan Inc, induk PT Freeport Indonesia (PTFI) sempat meminta bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurut Jonan, Jokowi menolak permintaan tersebut.

Bos Freeport yang dimaksud Jonan adalah Richard Adkerson, CEO Freeport McMoRan.

"Beliau, presiden, ngomongnya ini (PTFI) diselesaikan, saya tawarkan pak ketemu CEO Feeport McMoRan waktu itu bukan Jim Moffet saya nggak kenal. Waktu saya ketemu November sudah Richard Adkerson. Saya katakan, kita negosiasi ya. Richard Adkerson dua kali minta ketemu Presiden, presiden nggak mau ketemu," ujar Jonan di Kementerian ESDM Jakarta, Rabu (20/2/2019).


Jonan bilang, sejak menjabat Menteri ESDM di 2016 mendapat tugas menyelesaikan akuisisi PTFI. Sebagai informasi, sebelum menjabat Menteri ESDM di, di Kabinet Kerja Jonan juga sempat menjabat Menteri Perhubungan.

Jonan menegaskan arahan Presiden Jokowi kepadanya sebagai Menteri ESDM adalah pihak Indonesia harus menggenggam 51% saham PTFI, PTFI membangun smelter dan beralih ke IUPK (Izin Usaha Pertambangan Khusus), serta penghasilan negara mesti lebih baik.


Selama proses negosiasi, Jonan bilang Jokowi tak pernah bertemu secara khusus dengan bos Freeport McMoRan. Jokowi baru bertemu bos Freeport saat perjanjian ambil alih saham.

"Sampai hasilnya yang kita tahu semua. Selama dua tahun, setahu saya presiden tidak pernah menerima Richard Adkerson sih sama sekali, mungkin pertemuan internasional, mungkin pernah papasan," tutupnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed