Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 28 Feb 2019 23:35 WIB

Tangkis Hoax Antek Asing, Jokowi Beberkan Rebut Freeport hingga Rokan

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden Foto: Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden
Gorontalo - Calon presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) meminta Tim Kampanye Daerah (TKD) menangkis isu miring soal antek asing dengan membeberkan capaian pemerintah. Menurut Jokowi capaian itu adalah keberhasilan pemerintah mengambil alih blok migas Mahakam dan Rokan, serta akuisisi 51% saham PT Freeport Indonesia

Pernyataan itu disampaikan Jokowi dalam acara silaturahmi dan pemberian arahan kepada Tim Kampanye Daerah (TKD) Provinsi Gorintalo, Kamis malam (28/2/2019).

"Mengenai antek asing, harus punya jawaban, jawaban yang gampang mengenai isu antek asing pada 2015 yang namanya Blok Mahakam dikelola oleh Total dan Inpex, kini sudah 100% kita berikan ke Pertamina," kata Jokowi di Hotal Maqna Kota Gorontalo, Kamis malam (28/2019).


"Tidak ada yang tahu kan karena saya diam, kalau dituding antek asing saya mulai bersuara," sambung Jokowi.

Setelah selama 4 tahun diam dan tidak menanggapi isu antek asing, menurut Jokowi dia perlu membeberkan keberhasilan mengambil mayoritas kepemilikan Indonesia dari perusahaan asing.

"Saya nggak ngomong apa-apa saya diam, masih ada antek asing. Akhir 2018 kemarin ada Freeport, itu tambang emas dan tembaga kita paling besar," jelas Jokowi.


Dengan keberhasilan-keberhasilan tersebut, Jokowi percaya hal itu bisa menjawab isu-isu yang selama ini hoax atau tidak benar.

"Itu yang harus diceritakan, saya itu terlalu lama diam, bapak ibu bisa menceritakan, jangan dibilang antek asing kita diam. Masalah yang bermasalah fitnah, hoax dijawab," tutur mantan Gubernur DKI Jakarta itu. (hek/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed