Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 04 Mar 2019 11:10 WIB

Luhut Jamin Jumlah Buruh Lokal di Blok Rokan Tak Berkurang

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Nadia Permatasari/Infografis Foto: Nadia Permatasari/Infografis
Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah menjamin nasib buruh lokal di Blok Rokan. Pengelolaan Blok Rokan sendiri diserahkan ke PT Pertamina (Persero) pada tahun 2021, di mana saat ini masih dikelola Chevron.

Luhut menjamin tidak akan ada pengurangan buruh di Blok Rokan sebagaimana yang terjadi di Blok Mahakam.

"Chevron bagaimanapun nanti, ke depan kebijakan pemerintah diambil oleh Pertamina efektif pada 2021, tidak akan ada pengurangan buruh di sana. Hal ini sama seperti yang di Mahakam," kata Luhut saat menghadiri Pembukaan Rakerwil Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera (KSBSI) dalam keterangan tertulis, Senin (4/3/2019)

"Mahakam itu kita ambil tidak ada kita kurangi jumlah buruhnya, tidak kita kurangi gajinya, justru kita ubah lebih efisien," sambungnya.



Meski demikian, Luhut mengatakan, pekerja mesti memiliki keterampilan.

"Tapi pekerja harus skillful, harus bersertifikat. Seperti di Morowali misalnya, sekarang kita buat politeknik, kita sekolahin di situ dan kemudian training-nya di dalam pabrik sehingga mereka menjadi skillful, mereka akan produktif, dan akan naik juga gajinya," terang Luhut.

Dia melanjutkan, penggunaan tenaga kerja dalam negeri merupakan komitmen pemerintah. Hal itu juga sejalan dengan upaya pemerintah mendorong investasi.

"Para investor tersebut harus membawa teknologi ramah lingkungan di Indonesia. Selain itu syarat investasi di Indonesia itu adanya transfer teknologi, merekrut pekerja lokal sebanyak mungkin, dan harus ada nilai tambah," kata Luhut.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed