Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 28 Mar 2019 23:03 WIB

Pemerintah bakal Uji Coba B30 Mei Mendatang

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Tim Infografis: Luthfy Syahban Foto: Tim Infografis: Luthfy Syahban
Jakarta - Pemerintah akan melakukan uji coba jalan atau road test untuk biodiesel campuran kelapa sawit 30% (B30). Rencananya, uji coba tersebut akan dilaksanakan pada Mei mendatang.

Menurut Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) FX Sutijastoto saat ini pihaknya tengah menunggu persetujuan untuk pelaksanaan uji coba.

"Sedang proses persetujuan untuk road tesnya. Mungkin sekitar Mei atau Juni gitu road test," kata dia di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (28/3/2019).


Lebih lanjut, ia belum mengetahui berapa lama proses uji coba jalan akan dilakukan. Sebab mesti ada penentuan panjang lintasan yang akan digunakan untuk uji coba.

"Belum tahu (lamanya proses), tergantung berapa kilometernya. Ini sedang proses evaluasinya mau berapa kilometer atau gimana," sambung dia.


Nantinya, persetujuan uji coba akan dirapatkan kembali di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Dengan begitu, harapannya program B30 akan segera terealisasi.

"Ya biasa di sini (keputusan penentuan di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian). Kita usulkan dulu, yang penting B20 jalan dulu," tutup dia.

Sebagai informasi, saat ini pemerintah tengah menggenjot penggunaan bahan bakar campuran minyak kelapa sawit. Hal itu dilakukan untuk mengurangi impor yang dampaknya melebarkan defisit transaksi berjalan atau current account defisit (CAD). (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com