Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 30 Mar 2019 22:41 WIB

Jokowi Singgung Rebut Freeport, Prabowo: Etok-etok

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Calon Presiden Nomor Urut 01 Joko Widodo (Jokowi) menyinggung keberhasilan merebut saham PT Freeport Indonesia sebesar 51%. Hal ini itu disampaikan dalam Debat Capres di Shangri-La Hotel, Jakarta Pusat, Sabtu (30/3/2019).

Menurut Jokowi dengan berhasilnya pemerintahan merebut saham Freeport, Indonesia bisa ikut mengelola tambang yang selama ini dikuasai asing.

"Freeport bertahun-tahun dapat 9% nggak ada. Malah kita ambil 51% itu kita bisa ikut mengelola tambang yang ada," ungkap Mantan Walikota Solo ini.


Merespons hal ini, Calon Presiden Nomor Urut 02 Prabowo Subianto mengatakan keberhasilan merebut saham Freeport hanya sebagai kepura-puraan. Pasalnya ia melihat laporan saham Freeport justru memberikan manfaat kepada Amerika Serikat (AS) sebesar 81%.

"Soal Freeport ya sesuai kontrak. Tetapi sadar nggak, Freeport di New York Stock Exchange benefitnya 81% ke mereka," terang dia.


"51% saham itu mungkin ya agak etok-etok (bahasa Jawa artinya pura-pura) Pak. Itu laporan dia, New York Stock Exchange," ungkap dia.

Sebagai informasi, Jokowi berhasil merebut Freeport pada 21 Desember 2018 lalu setelah melewati lika-liku yang panjang. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com