Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 29 Apr 2019 11:50 WIB

Pertamina Atur Strategi Kirim BBM ke Tol saat Mudik

Vadhia Lidyana - detikFinance
Foto: Johanes Randy Foto: Johanes Randy
Jakarta - PT Pertamina (Persero) menyiapkan beberapa upaya untuk menghadapi arus mudik lebaran 2019. Salah satunya menyesuaikan stok bahan bakar motor (BBM) untuk contra flow satu arah yang rencananya diberlakukan selama musim mudik lebaran 2019.

Penetapan jalur satu arah untuk mudik bakal berlaku pada 30 Mei - 2 Juni 2019. Sedangkan, arus balik jatuh pada 8 - 20 Juni 2019. Pada saat itu, Pertamina akan melakukan penyesuaian stok BBM.

Senior Vice President Marketing and Business Pertamina, Jumali menyatakan bahwa jumlah terminal BBM Pertamina sepanjang tol Merak-Probolinggo sudah mencukupi.

"Pertamina akan melakukan fleksibilitas supply. Maksudnya terminal BBM dari Merak-Probolinggo cukup banyak," tutur Jumali dalam Konferensi Pers Kesiapan BBM dan LPG Satgas Ramadhan dan Idul Fitri 1440 H, Senin (29/4/2019).


Namun, karena ada contra flow satu arah maka Pertamina akan melakukan evaluasi terhadap pengisian ulang stok bbm di SPBU jalur tersebut.

Jumali menyatakan, apabila selama ini SPBU di Bekasi di-supply dari terminal BBM Cikampek, maka akan dialihkan supply nya dari terminal BBM Plumpang. Lalu, untuk SPBU di Cipali yang selama ini di-supply dari Balongan, akan dialihkan supply-nya dari Cikampek atau Bandung.

"Kalau selama ini Bekasi dikirim dari Cikampek, sekarang contra flow maka akan dialihkan dari terminal BBM Plumpang. Kalau Cipali itu selama ini dikirim dari Balongan, itu kita akan dikirim dari Cikampek atau Bandung. Itu yg kita maksud fleksibilitas," pungkas Jumali.

(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed