Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 31 Mei 2019 12:01 WIB

Jaga-jaga Pasokan Kurang, BBM di Trans Sumatera Perlu Ditambah

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Tol Trans Sumatera/Foto: Dok. PT Hutama Karya (Persero) Tol Trans Sumatera/Foto: Dok. PT Hutama Karya (Persero)
Jakarta - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) meminta Pertamina menambah pasokan ketersediaan BBM baik itu Premium, Pertalite, dan Pertamax di jalur tol operasional dan fungsional di Trans Sumatera terutama di sekitar 340 km tol wilayah Lampung ke Palembang.

Kepala BPH Migas Fanshurullah Asa juga meminta Pertamina untuk menyiapkan mobil dispenser Kantong BBM di 15 titik lokasi penjualan BBM yang ada, bukan hanya kios Pertamax, di Tol Bakauheni - Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung - Palembang.

"BPH Migas juga meminta Pertamina menambah armada Motoris di jalur Tol Sumatera dan non tol , terutama daerah Mesuji dan Tulangbawang," kata Fanshurullah dalam keterangannya, Jumat (31/5/2019).

Selain itu, Fanshurullah juga mengimbau masyarakat yang mudik bisa mengisi BBM sebelum masuk tol operasional dan fungsional, karena penggunaan tol Lampung ke Palembang baru uji coba tahun ini.


"Jadi langkah-langkah yang terjadi sudah sesuai dengan situasi secara umum tapi perlu ada penyempurnaan untuk pasokan stok BBM," jelasnya.

Dia menambahkan, supaya Pertamina dan Badan Usaha swasta lainnya sebagai penyalur BBM untuk mewaspadai ketersediaan BBM saat arus balik pada 8 dan 9 Juni.

"Karena akumulasi masyarakat yang mudik saat lebaran tahun ini dengan waktu yang relatif panjang akan terakumulasi di tanggal tersebut, karena tanggal 10 Juni sudah harus masuk kerja, sehingga harus ada konsentrasi BBM yang ekstra di Tol Cikampek untuk Trans Jawa juga di Tol Trans Sumatera daerah Palembang ke Bakauheni," tuturnya.




Tonton juga video Antisipasi Bencana di Jalur Mudik, BPBD Purwakarta Siaga di Cikopo:

[Gambas:Video 20detik]

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com