Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 13 Jun 2019 08:55 WIB

Jonan Evaluasi Penyaluran BBM Pertamina saat Mudik, Apa Hasilnya?

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: Dok. Kementerian ESDM Foto: Dok. Kementerian ESDM
Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan melakukan evaluasi terhadap penyaluran BBM di SPBU Pertamina selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2019. Jonan juga mengecek langsung operasional empat SPBU Pertamina yang ada di jalan tol Semarang-Cirebon semalam.

Meski sudah bukan lagi puncak arus balik Lebaran, evaluasi dilakukan karena masih ada sebagian pemudik yang belum kembali ke Jakarta atau kota lainnya. Di sejumlah SPBU Pertamina yang ada di dalam rest area Tol Trans Jawa juga masih tampak kepadatan kendaraan asal Jakarta dan sekitarnya yang beristirahat dan mengisi BBM sepekan sesudah Lebaran.

"Karena kami juga antisipasi kemungkinan besar mungkin sisa 5%, 10% atau 15% pemudik yang belum balik. Ini kan Rabu. Kamis malam, Jumat, Sabtu balik karena banyak kegiatan swasta banyak mulai kegiatan penuh senin minggu depan," ujar Jonan di SPBU Pertamina KM 260, Brebes, Rabu (12/6/2019) malam.


Jonan melakukan pengecekan SPBU Pertamina di malam hari bukan tanpa alasan. Menurutnya, perlu dilihat kesiapan operasi SPBU Pertamina melayani pemudik yang bali ke tujuan di malam hari.

"Kalau SPBU siang sudah pasti aktif coba lihat malamnya sudah pasti bagus nggak kan gitu," kata Jonan.

Jonan mengatakan bahwa kinerja Pertamina dalam musim mudik Lebaran 2019 lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Sudah banyak SPBU baru Pertamina yang beroperasi melayani pemudik dibandingkan tahun lalu.

"Jadi SPBU-SPBU di dalam jalan tol sudah bayak yang siap walaupun nggak semua tapi mayoritas siap dan sudah beroperasi. Kalau dibanding tahun lalu kan masih banyak yang pakai dispenser," tutur Jonan.


Jonan berharap transaksi cashless di SPBU Pertamina bisa ditingkatkan. Penggunaan LinkAja atau model transaksi non tunai lainnya bisa digalakkan.

"Jadi pakai LinkAja atau pakai apa lah kartu sehingga sudah cashless. Kan kalau nggak gotong-gotong uang," kata Jonan. (ara/das)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed