Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 13 Jun 2019 14:43 WIB

BBM B30 Baru Bisa Dipakai Tahun Depan

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Achmad Dwi Afriyadi/detikFinance Foto: Achmad Dwi Afriyadi/detikFinance
Jakarta - Uji jalan biodiesel 30% atau B30 baru diresmikan hari ini. Peluncuran uji jalan ini dilakukan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan.

Dalam laporannya, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan, uji coba ini untuk mendukung pelaksanaan B30 di mana dalam ketentuannya akan diterapkan pada tahun depan.

"Kami mewakili pelaksana uji ini karena melibatkan berbagai instansi, izin melaporkan uji jalan atau road test, pertama, kegiatan ini dalam rangka mendukung implementasi program mandatori biodiesel yang berdasarkan regulasi Permen 12 2015, tahun 2020 kita mulai ke B30," katanya di Kementerian ESDM Jakarta, Kamis (13/6/2019).


Dia bilang, uji coba ini untuk membandingkan efek pemakaian B30 pada kendaraan. Hasil uji coba akan menjadi rekomendasi dalam pelaksanaan B30.

"Nanti output dari kegiatan ini berupa rekomendasi kesiapan untuk pelaksanaan B30 di tahun depan," ujarnya

Jelasnya, uji coba ini menggunakan 11 unit kendaraan yang terbagi dua kategori, kendaraan atau mobil dengan bobot kurang dari 3,5 ton sebanyak 8 unit. Kemudian, di atas 3,5 ton atau truk sebanyak 3 unit.

Untuk mobil, uji coba ditargetkan dengan jarak 50 ribu km dengan waktu yang dibutuhkan 159 hari. Sedangkan truk 40 ribu km dengan waktu 149 hari.


Dia menambahkan, uji coba ini sudah dipersiapkan sejak Maret lalu. "Analisa ekonomi, kinerja mesin kendaraan dan kami persiapan sejak Maret 2019," katanya. (das/das)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com