Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 13 Jun 2019 16:55 WIB

Konsumsi BBM saat Arus Mudik di Tol Jateng Naik hingga 200%

Angling Adhitya Purbaya - detikFinance
Foto: Aji Kusuma/detikcom Foto: Aji Kusuma/detikcom
Jakarta - PT Pertamina (Persero) mencatat peningkatan signifikan konsumsi bahan bakar minyak di tol Trans Jawa khususnya di Jawa Tengah. Peningkatan bahkan rata-rata lebih dari 100% dibanding hari biasa.

Menurut General Manager PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV Jateng-DIY, Iin Febrian menjelaskan pada arus balik tercatat peningkatan konsumsi 200% pada H+4 Lebaran atau Minggu (9/6) di SPBU reguler dalam tol seperti di KM 389B Kabupaten Batang dan KM 260B Kabupaten Tegal.

"Konsumsi BBM jenis gasoline di beberapa SPBU regular seperti di rest area KM 389B dan KM 260B naik hingga di atas 200 persen pada puncak arus balik yang terjadi pada H+4," kata Iin di sela Halal Bihalal di Semarang, Kamis (13/6/2019).


Peningkatan konsumsi di kios Pertamina Siaga di jalur tol Trans Jawa di Jawa Tengah juga meningkat. Rata-rata peningkatan lebih dari 100%.

"Peningkatan tertinggi terjadi di kios Pertamina Siaga KM 282B saat H+5 arus balik kemarin, yaitu sebesar 135 persen dari rata-rata harian normal sebesar 14 Kiloliter (Kl)) menjadi 33 KL," tandasnya.

Ia menjelaskan puncak arus balik terjadi pada H+4 Lebaran dan peningkatan tertinggi terjadi pada jenis Pertamax Turbo yaitu mencapai 122%. Sedangkan sedangkan secara umum produk gasoline meningkat 63 persen dari konsumsi harian.


"Peningkatan dengan persentase tertinggi di wilayah Jawa Tengah terjadi pada produk Pertamax Turbo di mana pada masa normal sebesar 33 KL per hari namun pada satgas tahun ini meningkat 122% menjadi 74 KL perhari," terang Iin.

"Untuk produk gasoline lainnya yaitu Pertalite dan Pertamax, masing-masing naik sebesar 17% dan 34% dari rata-rata harian normal di wilayah Jawa Tengah," imbuhnya.

Sementara itu, menurut Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR IV, Andar Titi Lestari menambahkan peningkatan juga terjadi saat arus mudik lalu. SPBU reguler di rest area pad Jalur Tol dari Jakarta arah Surabaya banyak diminati pemudik untuk isi bahan bakar.

"Kami mencatat bahwa di SPBU rest area KM 379 dan KM 429 ruas A (Jakarta-Surabaya) adalah 2 SPBU regular yang peminatnya sangat tinggi saat arus mudik. Sedangkan pada saat arus balik, konsumsi tertinggi terjadi di SPBU rest area KM 389 dan KM 260," terang Andar.



Andar mengatakan meski puncak arus mudik telah terlewati kios pertamina siaga akan tetap ada melayani pengguna kendaraan di jalur tol selama 24 jam hingga masa satgas berakhir tanggal 20 Juni.

"Seluruh SPBU reguar dan kios Pertamina Siaga di jalur tol trans Jawa siap melayani para pengguna jasa tol dan kami beroperasi penuh melayani konsumen hingga 24 jam," tegasnya. (alg/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com