Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 05 Jul 2019 11:21 WIB

Dermaga Batu Bara Rp 3 Triliun Mulai Beroperasi di PLTU Jawa 7

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Trio Hamdani Foto: Trio Hamdani
Serang - Dermaga batu bara di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) IPP Jawa 7 di Bojonegara, Banten mulai dioperasikan hari ini. Proyek ini dikembangkan oleh konsorsium PT Shenhua Guohua dari Ninghai Power Plant dan PT Pembangkit Jawa Bali yang merupakan anak usaha PT PLN (Persero).

Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Barat PLN Haryanto WS menyebutkan, proyek ini menelan biaya sebesar Rp 3 triliun.

"(Investasi pembangunan dermaga batu bara) sekitar Rp 3 triliun," katanya saat meresmikan beroperasinya dermaga batu bara tersebut di lokasi, Jumat (5/7/2019).


Nantinya, dermaga ini menampung batu bara sebanyak 7 juta ton per tahun dengan rata-rata harian sebesar 20 ribu metrik ton.

"(Kebutuhan suplai batu bara) 7 juta ton per tahun yang disuplai PLN Batu Bara, anak usaha PLN. (Yang menyuplai) hanya satu perusahaan, nggak ada yang lain," jelasnya.


Dermaga ini memiliki fasilitas untuk memindahkan batu bara dari kapal tongkang di dermaga, alias jetty conveyor ke PLTU dengan panjang 4 km. Pemindahan batu bara menggunakan jetty conveyor dilakukan secara mekanik.

"Conveyor yang kita gunakan ramah lingkungan, tidak terbuka tapi seperti tabung sehingga tidak ada (batu bara) yang tumpah (saat diangkut), sepanjang 4 km, cukup bersih ya," tambahnya.

Dermaga Batu Bara Rp 3 Triliun Mulai Beroperasi di PLTU Jawa 7Foto: Trio Hamdani


Simak Video "Berdiri Sejak 1924, Inilah PLTA Berusia Nyaris Seabad di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com