Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 25 Jul 2019 13:36 WIB

Soal Aturan Mobil Listrik, Sri Mulyani: Presiden Akan Umumkan

Ray Jordan - detikFinance
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati/Foto: Erwin Dariyanto/detikcom Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati/Foto: Erwin Dariyanto/detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan delegasi Hyundai Group. Dalam pertemuan itu dibahas tentang pengembangan mobil listrik.

Merespons pertemuan itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan Presiden Jokowi yang akan mengumumkan aturan tentang mobil listrik.

"Bapak Presiden nanti akan mengumumkan untuk peraturan pemerintah (PP) maupun perpres (Peraturan Presiden) dalam rangka mendukung industri otomotif terutama yang berbasis listrik ya," ujar Sri Mulyani di Kompleks Istana Presiden, Kamis (25/7/2019)

Sri Mulyani menjelaskan jika nantinya Indonesia mulai memproduksi mobil listrik maka tidak hanya untuk konsumsi dalam negeri, melainkan juga ekspor. Bahkan, Indonesia akan dikembangkan menjadi pusat produksi mobil listrik.


Target tersebut dikejar karena tren dunia saat ini mengembangkan kendaraan berbasis listrik.

"Diharapkan bisa memposisikan Indonesia sebagai pusat, tidak hanya memproduksi untuk dalam negeri, tetapi juga sebagai center untuk produksi ekspor. karena otomotif ini supply chain-nya cukup kompleks, jadi kita tidak membangun untuk konsumsi dalam negeri saja. Tren seluruh dunia dengan kendaraan yang berbasis listrik sangat meningkat," terang Sri Mulyani.

Sri Mulyani menambahkan aturan tersebut juga memuat tentang industri pendukung mobil listrik seperti baterai. Selain itu juga memuat insentif pajak penjualan barang mewah (PPnBM).


"Kita tidak hanya mendukung dari sektor otomotifnya saja tapi juga supply chain-nya seperti baterai. Nanti policy yang akan tuangkan, Bapak Presiden akan umumkan menyangkut itu. Satu tentang Perpres mengenai ekosistem industri listriknya, PP-nya berbagai macam treatment atau perlakuan insentif seperti PPnBM kemudian jenis kendaraan mendapatkan insentif berdasarkan emisi ada di sana," papar mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu.

Terakhir Sri Mulyani berharap aturan mobil listrik bisa dirilis dalam bulan ini. "Insyaallah," jawab Sri Mulyani singkat.

Soal Aturan Mobil Listrik, Sri Mulyani: Presiden Akan Umumkan


Simak Video "Melihat Tempat Ngecas Mobil Listrik di Jepang"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com