Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 05 Agu 2019 11:15 WIB

Listrik Mati Seharian, Saatnya Pakai Panel Surya?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Puti Aini Yasmin
Jakarta - Hari Minggu kemarin (4/8), Indonesia khususnya daerah Jabodebatek, Banten, dan Jawa Barat mengalami insiden yang cukup besar. Insiden itu adalah padamnya listrik selama hampir sehari semalam.

Alhasil, hal ini cukup menyulitkan aktivitas masyarakat selama sehari. Lantas, apakah ada cara alternatif agar masyarakat tetap memiliki energi listrik meski listrik dari PLN padam?

Salah satu yang bisa dilakukan menurut Pengamat Energi Fabby Tumiwa adalah menyiapkan perangkat panel surya di tiap rumah dan gedung. Hal tersebut masuk dalam gerakan distributed energy resources alias sumber daya energi terdistribusi.

"Di sisi konsumen bisa diperkuat, banyak diusulkan sekarang itu distributed energy resources. Salah satunya lewat solar panel," kata Fabby kepada detikFinance, Senin (5/8/2019).


Tapi panel surya memiliki beberapa kekurangan, misalnya pemadaman malam hari, daya listrik yang dihasilkan pun tidak ada.

"Tapi kalau pemadaman malam kan nggak ada listriknya juga panel surya," kata Fabby.

Untuk itu kata Fabby bukan cuma panel surya saja yang harus disiapkan namun harus ada teknologi baterai penyimpan daya yang harus juga dilengkapi.

"Maka pada tingkat tertentu solar rooftop itu bisa saja dibarengi dengan baterai, jadi ini untuk mencadangkan listrik bisa saja 6-12 jam tahan," pungkas Fabby.



Simak Video "Jakarta Banjir, PLN Padamkan Listrik di Sejumlah Titik"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com