Anak Buah Lambat Urus Izin, Jonan Ancam Pindahkan ke Gunung

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 06 Agu 2019 16:36 WIB
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan meminta anak buahnya bekerja cepat dalam memproses perizinan berusaha. Bila tidak bisa, ancamannya adalah pindah tugas ke gunung sebagai pengamat gunung api.

Jonan menjelaskan, Kementerian ESDM membawahi Badan Geologi. Di bawahnya lagi ada Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi. Itu termasuk pengamat gunung api di pos-pos pengamatan gunung api.

"Jadi vulkanologis kami kerja di situ. Kalau suka klenik-klenik cocok. Harus tahan godaan, kalau digoda penunggunya harus tahan. Jadi kita pindahin ke situ saja," kata Jonan di Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (6/8/2019).


Bukan sembarang gunung, Jonan mengancam memindahkan anak buahnya ke gunung yang lokasinya jauh.

"Kita coba pindahkan ke gunung. Namanya Gunung Ibu. Coba cari Gunung Ibu, ada. Kita cariin gunung yang jauh. Gunung Ibu di mana? (Maluku), atau cariin Gunung Karangetang (Sulawesi Utara)," jelasnya.

Jonan menilai ancaman seperti itu lebih ampuh dibandingkan membebastugaskan pegawainya.

"Jadi, aparatur negara kalau dibebastugaskan nggak takut. Jadi ini rekan dari KPK tanya saya, dia nggak takut, ditangkap bapak tetap saja ada yang terus. Kalau dipindah takut," tambahnya.



Simak Video "Sah! Tarif Listrik Naik, Dirut PLN: Kalau Pindah Daya, Ya Monggo"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/fdl)