Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 12 Agu 2019 11:52 WIB

Darmin Panggil Arcandra Bahas Penggunaan B30

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Puti Aini Yasmin Foto: Puti Aini Yasmin
Jakarta - Pemerintah berupaya meningkatkan penggunaan biodiesel. Terakhir pemerintah telah melakukan uji coba biodiesel 30% atau B30.

Untuk itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution hari ini melakukan rapat koordinasi membahas B30. Rapat ini dijadwalkan mulai pukul 11.00 WIB di kantornya, Jakarta Pusat, Senin (12/8/2019).

Dari pantauan detikFinance, setidaknya sudah ada perwakilan Kementerian ESDM yang datang untuk menghadiri rapat. Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar dan Plt Dirjen Migas Djoko Siswanto tampak hadir.


Sebelumnya, pemerintah bersama Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (Aprobi) mulai melakukan uji coba B30. Hal ini diharapkan bisa memangkas impor bahan bakar minyak (BBM) hingga 55 juta barel. Angka tersebut setara dengan volume B30 yang akan diujicobakan yakni 9 juta kiloliter (kl).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan juga mengatakan pemerintah akan mengoptimalkan biodiesel 30% (B30). Dengan demikian, impor yang bisa dihemat mencapai US$ 3 miliar.

"Kita akan masuk B30, kemarin lapor presiden untuk segera masuk kita bisa hemat US$ 3 miliar lagi. Jadi peran kelapa sawit sangat penting," kata Luhut, Selasa (16/7/2019).

Simak Video "Harga Tiket Pesawat Harus Turun Paling Lambat 1 Juli"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com