Trans Jakarta Sudah Uji Coba Bus Listrik, Angkut 13 Ribu Penumpang

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 29 Agu 2019 15:02 WIB
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - PT TransJakarta menyatakan bahwa pihaknya sudah menyiapkan pengalihan moda ke angkutan listrik. Bahkan, sebelum Perpres 55 tahun 2019 sebagai payung hukum terbit pengembangan angkutan listrik sudah dilakukan.

Dirut PT TransJakarta Agung Wicaksono menyatakan bahwa pihaknya sudah menguji coba bus listrik sejak Perpres belum terbit.

"Kami sudah lakukan langkah sambil nunggu Perpres disahkan Mei lalu. Kita uji coba bus listrik, kami sudah dapatkan SK Kadishub adanya penugasan lakukan uji coba bus listrik," kata Agung dalam diskusi Forum Perhubungan bersama detikcom, Kamis (29/8/2019).


Pihaknya pertama kali menguji coba bus listrik di beberapa jalur khusus seperti tempat wisata. Mulai dari Monas hingga Ancol.

"Karena izin belum ada untuk operasi di jalan, kami awalnya uji coba di jalur khusus di dalam tempat wisata, kami uji coba dua bus listrik Mei lalu, di Monas, TMII, Ancol," jelas Agung.


Bahkan Agung mengklaim meski baru uji coba, antusiasme masyarakat naik angkutan listrik ini cukup besar. Dalam 10 hari percobaan, bus listrik TransJakarta berhasil mengangkut 13.797 penumpang.

"Itu rekornya 5.428 penumpang per hari," lanjut Agung.

Simak Video "Ngulik Tesla Model 3 Milik Polri untuk Patroli"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)