Demo Berujung Rusuh di Papua, Jonan Sebut Freeport Aman

Pradito Rida Pertana - detikFinance
Jumat, 30 Agu 2019 18:16 WIB
Mentero ESDM Ignasius Jonan/Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom
Sleman - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, mengatakan aksi demo berujung rusuh di Papua beberapa hari terakhir ini tidak mengganggu kegiatan di PT Freeport Indonesia. Jonan memastikan kondisi di tambang emas dan tembaga itu aman.

"Kalau Freeport saya nggak dengar apa-apa ya sampai sekarang, dan saya nggak dengar ada masalah," ujar Jonan saat ditemui di depan Gedung Pusat UGM, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Jumat (30/8/2019) sore.

Terkait pengamanan ekstra di lokasi penambangan Freeport, Jonan belum bisa memastikannya. Namun, ia menyebut hal itu kemungkinan terjadi.


"Mestinya ada sih (pengamanan di lokasi penambangan pasca kerusuhan yang terjadi di Papua)," ucap Jonan secara singkat.

Sebagai tambahan informasi, PT PLN (Persero) telah memperbaiki 2 penyulang yang sebelumnya padam yakni didaerah Merak dan Maleo. Tepat pukul 14.00 WIB, keseluruhan penyulang yang berjumlah 40 penyulang telah diperbaiki.

Vice President Public Relation PLN, Dwi Suryo Abdullah mengatakan, untuk keandalan sistem, tim teknis PLN masih melakukan upaya perbaikan untuk 1 gardu distribusi yang berada di pelabuhan Jayapura.

"Selain itu tim ini juga sedang melakukan perbaikan di jaringan tegangan menengah 20 kV yang berlokasi di pelabuhan Jayapura," ujar Vice President Public Relation PLN, Dwi Suryo Abdullah, dalam keterangan tertulis, Jumat (30/8/2019).



Simak Video "Suasana Saat Penembakan di PT Freeport, 1 WNA Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)