Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 04 Sep 2019 12:16 WIB

Moeldoko Ungkap Empat Alasan Mobil Listrik Harus Dikembangkan

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Andhika Prasetia/detikcom Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta - Kendaraan listrik terus digenjot penggunaannya. Kini untuk mengenalkan kendaraan listrik, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mengadakan Indonesia Electric Motor Show 2019.

Acara ini turut mengundang Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, hingga Kepala Staff Presiden Moeldoko. Dalam sambutannya, Moeldoko dengan semangat meminta semua orang untuk memerhatikan kendaraan listrik.

Moeldoko menjelaskan ada empat hal penting yang menjadi alasan utama mobil listrik harus dikembangkan.

"Saya bangga, semua orang sudah bicarakan mobil listrik. Ada 4 hal yang menjadi alasan utama kendaraan listrik harus dikembangkan, kita bisa hemat impor minyak, lalu kita bisa jauhkan anak cucu kita dari emisi berbahaya," kata Moeldoko di Balai Kartini, Rabu (4/9/2019).


Dia juga menilai Indonesia bisa mandiri memproduksi kendaraan listrik karena bahan bakunya banyak. "Kita harus mandiri, kita bisa produksi sendiri," kata Moeldoko.

Selanjutnya, Moeldoko mengatakan bahwa kendaraan listrik juga bisa memberikan keuntungan buat PLN. Saat malam hari, listrik PLN banyak terbuang karena pemakaian di sisi konsumen berkurang, di waktu tersebut lah kendaraan listrik bisa nge-charge.

"Buat PLN, kalau malam itu turun utilitasnya, nah ini mobil listrik jam itu lah kita charge. Maka PLN dapat benefit dari situ," ungkap Moeldoko.



Simak Video "Mobil Dinas Presiden Bisa Pakai Mobil Listrik?"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com