Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 10 Sep 2019 19:00 WIB

Gubernur Tak Ingin Putra Maluku Hanya Nonton Proyek Masela

Muslimin Abbas - detikFinance
Halaman 1 dari 3
Gubernur Maluku Murad Ismail/Foto: Dok. Pemprov Maluku Gubernur Maluku Murad Ismail/Foto: Dok. Pemprov Maluku
Ambon - Gubernur Maluku Murad Ismail mengimbau kepada Bupati/Wali Kota se-Maluku memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada bagi kesejahteraan masyarakat. Terkait pengembangan gas abadi Blok Masela, Murad tidak mau anak-anak Maluku hanya menjadi penonton.

"Saya tidak ingin anak-anak kita kelak, hanya menjadi penonton di rumah sendiri," Kata Gubernur Maluku Murad Ismail saat membuka Rapat Koordinasi Gubernur bersama Walikota dan Bupati se-Provinsi Maluku tahun 2019 di Lantai VII Kantor Gubernur Maluku, Selasa (10/9).

Murad mengatakan, sesuai rencana pengembangan (Planning of Development) Blok Masela yang telah disepakati Pemerintah RI dan INPEX selaku pengembang, jadwal untuk tahapan konstruksi pada 2022, sedangkan tahap produksi pada 2027.


Selain itu, tahapan konstruksi lapangan gas abadi Blok Masela ini akan berjalan setelah urusan lahan, tata ruang, dan AMDAL yang menjadi kewenangan pemerintah daerah selesai diproses hingga batas waktu 2022.

"Saya ingin mempercepat prosesnya. Kalau masalah lahan dan AMDAL sudah beres misalnya di tahun 2020, berarti tahapan konstruksi dan produksi bisa kita majukan dua tahun lebih cepat. Sekarang tergantung INPEX, nanti akan dibicarakan kembali," kata Murada dalam keterangan tertulis kepada detikcom, Selasa (10/9/2019).

Murad juga menambahkan soal penyerapan tenaga kerja dan meminta kepala daerah memaksimalkan peran pengusaha lokal Blok Masela. Baca di sini selengkapnya:

(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com