Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 07 Okt 2019 16:42 WIB

Usai Caplok Freeport, Holding Tambang Siap Ambil Saham Vale

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Eduardo Simorangkir Foto: Eduardo Simorangkir
Jakarta - Usai mencaplok saham PT Freeport Indonesia (PTFI), holding tambang Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Inalum (Persero) atau Mining Industry Indonesia (MIND ID) akan mengambil 20% saham PT Vale Indonesia Tbk. Pemerintah telah menugaskan MIND ID untuk mengambil saham tersebut.

"Vale, sudah Inalum ditunjuk kok, sudah selesai," kata Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara (Minerba) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bambang Gatot di Kementerian ESDM Jakarta, Senin (7/10/2019).

Bambang mengatakan, pemerintah telah resmi menunjuk holding tambang untuk mengeksekusi saham tersebut.

"Udah, kan ada suratnya Pak Wamen ke Menteri Keuangan. Kan udah nunjuk Inalum," ujarnya.

Bambang tak menuturkan berapa besaran nilai saham yang diakuisisi tersebut. Nilai akusisi akan diserahkan ke perusahaan.


"Nilainya nggak ada, pokoknya silakan aja," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Direktur Vale Indonesia Nico Kanter mengatakan proses divestasi sejatinya akan mulai dilakukan Oktober. Namun, kata Nico, Presiden Joko Widodo (Jokowi) minta prosesnya bisa lebih dipercepat.

"Kan dia (presiden) bilang akan dipercepat. Jadi insyaAllah nih doain aja ya," kata Nico di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (23/9/2019).

Saat itu, Nico mengatakan masih belum mengetahui detail proses divestasi yang akan dilakukan. Dia hanya mengungkapkan bahwa pemerintah akan membantu supaya proses divestasi itu bisa lebih dipercepat.

"Presiden untuk divestasi akan membantu untuk mempercepat prosesnya. Jadi belum disebutkan detail bagaimananya tapi Pak Presiden dan menterinya bilang akan membantu mempercepat supaya kepastian mengenai divestasi bisa terjadi sehingga investasi kita bisa berjalan lebih cepat," katanya.



Simak Video "Blusukan Perdana Jonan ke Freeport Usai 51% Sahamnya Dikuasai RI"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com