Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 29 Okt 2019 15:00 WIB

Singapura Bakal Bikin 500 'SPBU Listrik' di RI

Herdi Alif Alhikam - detikFinance
Foto: Zulfi Suhendra/detikcom Foto: Zulfi Suhendra/detikcom
Jakarta - Singapura akan ikut terjun mengembangkan infrastruktur kendaraan listrik Indonesia. Lewat perusahaan Singapore Power negeri singa akan membangun stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU).

Hal ini ditegaskan oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartato usai rapat dengan Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. Dalam rapat hadir juga Singapore Power, PLN, dan Grab Indonesia.

"Karena Grab ini mau memulai pilot project untuk electric vehicle kemudian ini membutuhkan infrastruktur electric vehicle, charging station. Itu yang dibahas," kata Airlangga di kantor Luhut, Selasa (29/10/2019).

Ditemui terpisah di tempat yang sama, Plt. Dirut PLN Sripeni Inten Cahyani menyebutkan bahwa nantinya Singapore Power akan menyediakan SPKLU sedangkan daya listrik akan disediakan PLN.

"Jadi kami siapkan listriknya aja. Dia (Singapore Power) siapin SPKLU-nya," ungkap Sripeni.


Dia menyatakan nantinya akan ada 500 SPKLU yang akan dibuat dari kerja sama ini. Pembuatannya akan dilakukan di tahun 2020.

"Tadi Grab bicara 2020 mau 500, tapi nggak tahu ya itu di quarter berapa," ungkap Sripeni.

Kembali ke Airlangga, menurutnya Singapore Power dipilih menjadi mitra kerja sama pemerintah karena pengalamannya membangun ekosistem listrik di negaranya. Dia menegaskan nantinya perusahaan listrik ini wajib bermitra dengan PLN untuk menyiapkan SPKLU.



"Salah satunya mereka itu punya pengalaman bikin infrastruktur (SPKLU) itu di Singapura. Mereka tuh wajib mitra sama PLN. Kalau nggak, nggak dapat setrum (daya listrik)," ungkap Airlangga.



Simak Video "Canggih! VW Ciptakan Robot Powerbank untuk Mobil Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com