Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 27 Nov 2019 20:47 WIB

RI Setop Kirim Gas ke Singapura Mulai 2023

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Danang Sugianto Foto: Danang Sugianto
Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan menghentikan aliran gas ke Singapura mulai tahun 2023. Gas yang biasanya mengalir ke Singapura akan dialihkan seluruhnya untuk domestik , khususnya Pulau Sumatera.

Pasokan gas bumi yang selama ini masuk ke Singapura berasal dari Lapangan Suban Blok Corridor yang digarap ConocoPhillips.

"Gas masih banyak di Sumatera, suplai ke Singapura berakhir 2023 akan ditarik ke dalam negeri," kata Arifin di ruang rapat Komisi VII DPR, Jakarta, Rabu (27/11/2019).


Pengalihan pasokan dari Singapura ke dalam negeri nantinya akan dimanfaatkan untuk wilayah Sumatera lewat pipa Duri Dumai. Bahkan, Arifin menyebut bahwa saat ini sedang silakukan penjajakan pembelian gas dari sumur lain yang berada si Sumatera.

"Beberapa sumur sudah kami lakukan pendekatan Untuk alokasi sehingga bisa menyambung pipa dari Dumai," tuturnya.


Nantinya, dikatakan Arifin, gas yang berasal dari Sumatera juga bisa disuplai ke Jawa melalui pipa Gresik-Semarang-Cirebon-Jakarta. Sehingga ke depan akan ada pemerataan pemanfaatan gas dalam negeri di seluruh Indonesia.

"Sedangkan Trans Kalimantan jargas (jaringan gas), kami melihat potensi Natuna Blok D Alfa sangat besar dan bisa ditarik sampai Pontianak turun ke bawah," ungkap dia.

Simak Video "Kemunculan Sumber Gas Gegerkan Warga Glagah Lamongan"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com