Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 23 Des 2019 12:38 WIB

B30 Baru Dimulai, Pertamina Kebut Uji Coba B40 Awal 2020

Anisa Indraini - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Pertamina
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan implementasi program biodiesel 30% atau B30. Pada peresmian, orang nomor satu di Indonesia itu memberikan pekerjaan rumah (PR) lagi kepada para menteri dan jajaran direksi PT Pertamina (Persero) mengenai implementasi B50.

Menanggapi itu, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyatakan siap untuk melakukan pencampuran dan pendistribusian bahan bakar solar dengan minyak kelapa sawit tersebut. Untuk itu, pihaknya akan melakukan uji coba program B40 awal tahun depan.

"Sebetulnya masalah percampuran itu tidak akan masalah, yang harus kita lakukan adalah uji coba bagaimana performance-nya B40 untuk mesin. Jadi awal tahun (2020) kita akan mulai uji coba," kata Nicke saat peresmian B30 di SPBU MT. Haryono, Jakarta Selatan, Senin (23/12/2019).



Nicke menjelaskan, tidak menutup kemungkinan jika penerapan B40 bisa lebih cepat dari target yang diminta Jokowi. Hal itu seperti program B30 yang sebelumnya ditargetkan Januari 2020.

"Seperti sekarang, kan B30 targetnya 1 Januari. Tapi kita sudah mulai mendistribusikan sejak November. Hasilnya bagus, resmilah sekarang Pak Presiden," katanya.

Perlu diketahui, pemerintah sedang agresif untuk terus meningkatkan campuran bahan bakar biodiesel. Mengingat program ini bisa menjadi upaya pemerintah menekan impor minyak yang sampai saat ini menjadi biang kerok defisit neraca perdagangan dan defisit transaksi berjalan (current account deficit/CAD).



Simak Video "Jokowi: B30 Bisa Hemat Devisa Rp 63 Triliun"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com