Jahat! Begini Cara Mafia Bikin RI Betah Impor Minyak

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 01 Jan 2020 06:30 WIB
Ilustrasi/Foto: Hasan Al Habshy


Fahmy menilai Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) tidak bisa bekerja sendiri menghadapi mafia migas. Dirinya menjelaskan bahwa mafia migas sudah melekat dalam sistem pemerintahan maupun di tubuh Pertamina. Jokowi perlu menggebrak sistem yang dinilai menjadi celah mafia migas.

"Saya kira tidak bisa Ahok diharapkan untuk bisa membasmi sendirian. Apalagi dia juga sebagai komisaris itu kan kewenangannya juga terbatas ya," kata dia.

Menurutnya ada dua hal yang bisa dilakukan pemerintah, minimal untuk mempersempit ruang gerak mafia migas.

"Yang pertama adalah mengangkat pemimpin dan pengambil keputusan yang dia punya integritas dan tidak mempan disuap. Karena permainan mafia migas itu adalah menyuap untuk memanfaatkan kelemahan pengambilan keputusan itu tadi," ujarnya.


Bahkan menurutnya di Pertamina sendiri perlu dibersihkan mulai dari level atas hingga level terbawah. Lalu yang kedua adalah memperbaiki tata kelola yang selama ini masih lemah sehingga Indonesia tidak bisa mandiri memenuhi kebutuhan minyak dalam negeri.

Menurutnya, dalam dua hal itu Ahok bisa diandalkan untuk membantu pemerintah. Dia menilai Ahok bisa membuat Pertamina lebih baik dan transparan.
(toy/ara)