3.300 Gardu Listrik Jabodetabek Dipadamkan, Ini Wilayah Terdampak

- detikFinance
Rabu, 01 Jan 2020 22:00 WIB
Ilustrasi/Foto: Danang Sugianto
Jakarta - PT PLN (Persero) terpaksa memadamkan gardu distribusi listrik di wilayah yang terdampak banjir. Hal itu untuk menghindari warga terkena sengatan listrik.

Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan, dari 23.700 gardu distribusi listrik sebanyak 3.311 gardu masih padam.

"Datanya adalah 23.700 gardu distribusi di Jabodetabek 3.311 gardu distribusi masih padam. Sedangkan ada 88 gardu distribusi masih terendam," katanya Kantor PLN Disjaya, Jakarta Pusat, Rabu (1/1/2019).


Darmawan mengatakan, beberapa gardu perlahan sudah dinyalakan, di antaranya Bintaro, Ciputat, Ciracas, Kebon Jeruk, Kramat Jati, Marunda, Pondok Gede, dan Menteng.

"Sedangkan masih ada daerah masih tergenang untuk itu kami PLN mohon maaf, daerah ini masih proses dipantau dan kondisi padam, yaitu Bandengan, Bulungan, Cempaka Putih, Cengkareng, dan Lenteng Agung," ujarnya.

Darmawan menuturkan, pihaknya akan terus memantau kondisi di lapangan. Dia bilang, PLN tak akan memulihkan kondisi listrik sampai wilayah itu aman.


Ia menegaskan, PLN tidak mengaktifkan gardu karena pertimbangan pasokan listrik. Namun, berkaitan dengan keamanan.

"PLN dalam pertimbangan keamanan warganya, tidak akan memulihkan listrik sampai kondisinya aman," ujarnya.

"Kami tegaskan lagi, untuk mengaktifkan kembali gardu distribusi pertimbangannya bukan karena kami tidak punya pasokan listrik, karena gardu induk di seluruh Jabodetabek aman, pasokan listrik aman. Tapi yang jadi pertimbangan keamanan warga selama wilayah itu masih tergenang untuk itu dengan terpaksa kami masih memadamkan listrik di wilayah tersebut," paparnya.

Simak Video "Intip Kesiapan SPKLU PLN, Jakarta-Denpasar Aman!"
[Gambas:Video 20detik]
(Achmad Dwi Afriyadi/ara)