490 Gardu PLN Masih Padam Terdampak Banjir

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 03 Jan 2020 11:47 WIB
Ilustrasi/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - PT PLN (Persero) masih berupaya menghidupkan kembali listrik yang padam imbas banjir. Saat ini, masih tersisa 490 gardu yang masih padam terhitung pukul 11.00 WIB.

"Tim PLN terus menyisir daerah-daerah yang padam untuk diakatifkan listriknya, saat ini masih ada 490 gardu yang masih dipadamkan. Kami upayakan terus menyalakan wilayah yang padam," kata General Manajer PLN Disjaya Muhammad Ikhsan Asaad kepada detikcom, Jumat (3/1/2019).

Ikhsan mengatakan, proses menghidupkan gardu sebenarnya tidak lama. Namun, untuk menghidupkan gardu mesti dipastikan lokasi tersebut aman.


Dalam menghidupkan gardu pun mesti ada berita acara dengan tokoh masyarakat setempat.

"Proses menghidupkan gardu sesungguhnya tidak lama, tapi harus dipastikan bahwa lokasi tersebut sudah aman, ada berita acara dengan Pak RT/tokoh masyarakat setempat, keselamatan warga jadi prioritas," katanya.


Memang, potensi hujan dan banjir masih melanda Jabodetabek. Pihaknya menyatakan akan siaga termasuk untuk memadamkan gardu lagi.

"Kami siaga penuh," katanya.

Sebagai informasi, dalam keterangan PLN sebelumnya disebutkan hingga pukul 07.00 WIB, dari total 5.740 gardu distribusi terdampak banjir di Jabodetabek sebanyak 4.864 atau sebesar 85% sudah menyala. Sementara, 876 gardu distribusi masih dipadamkan sementara.

Simak Video "Anies Hentikan Program Toa untuk Peringatan Dini Banjir!"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)