Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 22 Jan 2020 22:00 WIB

Rencana BNI 2020: Caplok Bank Sampai Global Bond

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: dok detikcom
Jakarta -

PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) akan melakukan sejumlah aksi korporasi. Mulai dari penerbitan surat utang global, penawaran umum berkelanjutan sampai membeli bank.

Direktur BNI Bob Tyasika Ananta mengungkapkan perseroan memang telah memasukkan penerbitan global bond sebesar US$ 500 juta ke dalam rencana bisnis bank (RBB) 2020.

"Memang sudah ada di RBB dan akan dilakukan tahun ini," kata Bob dalam konferensi pers di kantor BNI, Jakarta, Rabu (22/1/2020).

Dia mengungkapkan hasil penerbitan utang tersebut akan digunakan untuk refinancing dan sebagian penyaluran kredit. Menurut Bob dalam menerbitkan surat utang harus dilakukan di waktu yang tepat yakni semester I 2020.

Bob juga menyebutkan BNI berencana menerbitkan obligasi melalui penawaran umum berkelanjutan (PUB) senilai Rp 5 triliun tahun ini.

Sementara itu Wakil Direktur Utama BNI Herry Sidharta mengungkapkan perseroan juga berencana untuk mencaplok bank kecil.

Dia mengaku sempat mendapatkan nama-nama bank yang akan diakuisisi. Namun kondisi likuiditas ketat membuat perseroan mengurungkan niat.

"Setelah perhitungan, masih belum memenuhi syarat. Kemarin yang dilihat ada 3 tapi belum cocok," jelas dia.

Menurut Herry, BNI membidik bank kategori bank umum kegiatan usaha (BUKU) I dan BUKU II. Yang nantinya akan difokuskan untuk bank digital.

"Kalau untuk yang kecil itu kan konsumer, jadi kita arahnya ke (bank) digital," jelasnya.

Sepanjang 2019 laba operasional sebelum pencadangan akhir 2019 sebesar Rp 28,32 triliun atau tumbuh 5% year on year.

Perolehan laba ini ditopang dari pendapatan non bunga sebesar Rp 11,36 triliun atau tumbuh 18,1% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya Rp 9,62 triliun.

Pertumbuhan pendapatan non bunga ini ditopang oleh pertumbuhan recurring fee sebesar 17,7% year on year. Sekitar 27,4% dari FBI (fee based income) yang terhimpun, berasal dari aktivitas bisnis internasional BNI melalui kantor BNI cabang luar negeri.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "BNI Modalkan Rp 6 Triliun Buat Traveloka Lebarkan Layanan PayLater"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com