Kabel di Ibu Kota Baru Ditanam, PLN: Tak Semrawut Seperti Jakarta

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 31 Jan 2020 17:28 WIB
Warga Khawatir, Kabel Listrik di Jalan Pejuang Bekasi Semrawut
Foto: Kabel semrawut di Jalan Pejuang (Isal/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah saat ini sedang menyiapkan rencana pembangunan ibu kota negara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim). Untuk infrastruktur kelistrikannya akan disiapkan oleh PT PLN (Persero).

Direktur Bisnis PLN Regional Sulawesi dan Kalimantan Syamsul Huda menjelaskan bahwa nantinya kabel listrik di IKN tidak akan semrawut seperti di kota-kota lain, termasuk Jakarta.

"Harus lebih rapi (kabel listrik di IKN), tidak boleh terus kemudian nanti semrawut seperti yang bisa dilihat di beberapa kota termasuk Jakarta. Ini kan banyak sekali kabel-kabel yang semrawut," kata dia di Shangri-La Hotel, Jakarta, Jumat (31/1/2020).

Agar lebih rapi, nantinya akan dibuat sistem kabel bawah tanah. Kabel-kabel listrik yang terhubung ke pelanggan akan disalurkan melalui bawah tanah. Tidak ada lagi tiang listrik dengan kabel yang membentang.

"Jadi nanti semuanya nanti di bawah tanah, jadi underground cable, tidak ada kabel-kabel yang di atas," sebutnya.

Dia menjelaskan, Bappenas telah merancang konsep IKN. Dalam hal ini PLN ikut dilibatkan agar nantinya listrik di ibu kota baru lebih baik dari daerah lain.

"Di sini kan selalu ada diskusi dan ada beberapa perubahan, dan PLN dilibatkan. Artinya PLN diminta untuk memenuhi kebutuhan listrik di IKN. Beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh PLN bahwa nanti di kawasan ibu kota negara yang baru ini listriknya harus lebih baik dibandingkan dengan kota-kota yang lain," tambahnya.



Simak Video "Usai Masa Reses, RUU Ibu Kota Baru Akan Diserahkan ke DPR"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/zlf)