Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 06 Feb 2020 12:58 WIB

Kira-kira Listrik di Istana Presiden Pernah Padam Nggak Ya?

Anisa Indraini - detikFinance
Kompleks Istana Kepresidenan Istana Kepresidenan/Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta -

PT PLN (Persero) menyebut listrik di Istana Kepresidenan tidak pernah padam. Listrik di Istana selalu dijaga agar terpenuhi pasokan listriknya sehingga tak pernah ada pemadaman.

Direktur Bisnis Regional Sulawesi dan Kalimantan PLN, Syamsul Huda mengatakan listrik di Istana tidak pernah padam karena ada pasokan berlapis seperti 4 penyulang, 1 pembangkit, dan suplai daya bebas gangguan (Uninterruptible Power Supply/UPS).

"Istana itu tidak pernah padam. Penyulangnya saja di Istana ada 4, kemudian di dalam Istana itu ada 1 pembangkit. Selain pembangkit ada juga UPS di sana, sehingga praktis tidak pernah ada gangguan," kata Syamsul di kantor Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Jakarta Selatan, Kamis (6/2/2020).

Meski begitu, Syamsul bilang, bukan berarti tidak pernah ada gangguan listrik di Istana. Hanya saja, jika salah satu pasokan listrik mengalami gangguan bisa di-backup dari sumber lain dan listrik tetap menyala.

"Di Istana itu tak pernah padam, tapi bukan berarti tidak pernah ada gangguan, ada, hanya saja di mitigasi. Kalaupun ada gangguan dari penyulang langsung di-backup ke pembangkit, kalau pembangkit ada masalah ke UPS, jadi ada yang backup," bebernya.

Belajar dari Istana, PLN juga ingin mendorong agar kawasan-kawasan lain bisa seperti Istana. Artinya, pelanggan PLN tidak lagi merasakan pemadaman listrik. Namun rencana ini butuh investasi yang besar.

"Kami ajak seluruh teman-teman PLN untuk menerapkan sistemnya seperti yang ada di Istana itu, bagaimana cara supaya pelanggan tidak pernah merasakan padam. Itu yang kita coba kembangkan di berbagai daerah, tidak langsung seketika tapi suatu ketika akan bisa seperti Istana. Hanya saja memang ini butuh investasi lebih," ujarnya.



Simak Video "Naik Perahu, Bos PLN Inspeksi Listrik Daerah Banjir Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com