Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 17 Feb 2020 18:43 WIB

Tegas! Ahok Minta Pengadaan di Pertamina Satu Pintu

Lukman Nurhadi Arunanta - detikFinance
Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok meluncurkan buku Panggil Saya BTP di Gedung Tempo, Palmerah, Jakarta Selatan, Senin (17/2/2020). Basuki Tjahaja Purnama/Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Basuki Tjahaja Purnama telah membuat gebrakan transparansi di PT Pertamina (Persero). Komisaris Utama (Komut) Pertamina yang beken disapa Ahok itu mengatakan semua pengadaan harus satu pintu.

Sebelumnya, Ahok pernah membeberkan via akun Twitter@basuki_btp, akses Informasi operasional PT Pertamina (Persero) terkait pengadaan Crude, LPG dan BBM termasuk status kapal charter sudah dapat diakses melalui website resmi perseroan di www.pertamina.com.

Menurut Ahok, dewan komisaris sudah meminta direksi Pertamina menjalankan kebijakan tersebut.

"Bisa tanya sama direksi, prinsipnya begini saja procurement itu kita pengin satukan, itu yang direksi akan lakukan supaya pengadaan barang itu semua itu satu pintu. Itu yang kita minta sebagai komisaris, sebagai dewan komisaris minta melakukan itu sesuai kajian dari konsultan," ujar Ahok usai acara diskusi dan peluncuran buku di Jakarta, Senin (17/2/2020).


Selain itu, Ahok juga meminta jangan lagi masing-masing unit di Pertamina tidak berhubungan. Misalnya, dia mencontohkan kilang B lagi membutuhkan sparepart dan kebetulan kilang A punya, maka sparepart di kilang A harus bisa didistribusikan ke kilang B.

Menurut Ahok cara pengadaan seperti ini bisa membuat Pertamina menghemat anggaran.

"Nah kalau pengadaan satu pintu, dengan stok yang bisa satu pintu juga, kita bisa hemat uang banyak. Itu yang kita minta direksi lakukan," tutur mantan Gubernur DKI Jakarta itu.



Simak Video "Kabar Penolakan Jadi Bos Pertamina, Ahok: Hidup Gue Salah Melulu"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com