Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 05 Mar 2020 22:30 WIB

Ngecas Kendaraan Listrik Bisa Pakai Aplikasi, Begini Caranya

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Masih dengan tekad membuat langit Jakarta biru kembali, PLN Distribusi Jakarta Raya (PLN Disjaya) menghimbau agar masyarakat tak takut gunakan kendaraan listrik. Soalnya, mereka akan membuat paling tidak 1500 Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) hingga akhir 2018. Foto: Ruly Kurniawan
Jakarta -

PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya menginisiasi penggunaan aplikasi bernama Charge.IN untuk Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) guna mendukung percepatan kendaraan bermotor listrik (KBL). Aplikasi ini dirancang dan dibangun oleh PLN UID Jakarta Raya beserta anak perusahaan PLN yang bergerak di bidang teknologi informatika, Icon+.

Dalam aplikasi ini pengguna bisa melakukan pengisian daya listrik dengan memilih jumlah kWh listrik yang diinginkan. Dalam masa roll out, metode pembayaran menggunakan dompet digital Link aja sebagai wujud sinergi BUMN.

"Aplikasi Charge.IN ini akan terus dikembangkan baik dari sisi fitur maupun metode pembayaran," kata General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Ikhsan Asaad dalam keterangannya, Kamis (5/3/2020).

Sebagaimana tertuang dalam Perpres 55 tahun 2019 tentang insentif dalam pengembangan KBL, PLN memberikan tarif promo untuk pengisian kendaraan listrik di SPKLU PLN yaitu sebesar Rp 1.300/kWh sampai dengan 31 Mei 2020.

"Berbarengan dengan roll out aplikasi Charge.IN ini diberlakukan tarif Rp 1.300 di mana metode pembayarannya terintegrasi di dalam aplikasi," tambah Ikhsan.

Pengguna kendaraan listrik bisa mengunduh aplikasi ini di Google Play dan melakukan aktifasi. Selain itu, aktifasi Link Aja juga perlu dilakukan sebagai metode pembayaran.

Pada kesempatan roll out, Ikhsan juga menambahkan bahwa PLN membuka kesempatan bagi stakeholder untuk saling bekerjasama memperluas ekosistem kendaraan listrik. Pelanggan PLN dengan daya di atas 200 kilo Volt Ampere (kVA) yang ingin menambah daya listrik sekaligus memasang SPKLU berkesempatan mendapat diskon biaya tambah daya dan cicilan sampai dengan 24 kali tanpa bunga atau bunga 0%.

"Kami siap mendukung pengembangan infrastruktur kendaraan listrik ini tentunya dengan penyediaan listrik yang cukup dan andal. Ada juga diskon tambah daya dan cicilan bagi yang pasang charging station," terang Ikhsan.



Simak Video "Berkah Listrik di Ujung Indonesia, UMKM Jadi Lebih Hidup"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com