DPR Singgung Harga BBM Belum Turun, Ini Respons Bos Pertamina

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 16 Apr 2020 15:53 WIB
Ilustrasi subsidi BBM
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Anggota komisi VI DPR meminta penjelasan ke Pertamina soal harga BBM belum juga turun, padahal harga minya dunia sedang turun. Hal itu disampaikan Primus Yustisio dari fraksi PAN kepada Dirut PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati.

"Buat Pertamina kalau ibu Nicke mengikuti update harga minyak itu per hari ini US$27 per barel. Harga yang ibu berikan dengan harga di BBM itu harganya itu masih saat di US$70 per barel," kata Primus dalam rapat kerja virtual dengan Pertamina, PLN dan PGN, Kamis (16/4/2020).

Primus mencontohkan di Malaysia dan Amerika Serikat harga BBM setara Pertamax harganya Rp 2.500 per liter.

"Pertamax di Malaysia dan di Amerika serikat itu harganya per rupiah itu bu sudah Rp 2.500. Tadi ibu itu akan memberikan subsidi ya kan, ibu nggak usah memberikan subsidi juga untuk masyarakat ini juga sudah nggak perlu disubsidi juga," kata Primus.

Menurutnya, harusnya saat ini harga BBM sekelas Pertamax plus di Indonesia paling mahal cuma Rp 4 ribu saja per liter.

"Pertamax mungkin harusnya bisa Rp 3.500 - 4.000-an, gitu. Ibu masih jual berapa?" pungkas Primus.


Bukan hanya Primus, anggota komisi dari fraksi Nasdem Nyat Kadir juga menyoroti Pertamina yang hingga kini belum menurunkan harga BBM. Dia mempertanyakan apa pertimbangan Pertamina belum menurunkan harga BBM, padahal harga minyak dunia telah lama merosot.

"Pertamina, apa pertimbangan bahwa harga minyak tidak mengikuti harga dunia yang sudah lama mengalami penurunan," kata Nyat.

Menanggapi hal tersebut, Nicke mengatakan bahwa selama pihaknya hanya mengikuti formula yang diberikan Kementerian ESDM dalam menentukan harga minyak. Nicke mengatakan bahwa ketetapan harga diputuskan oleh pemerintah.

"Jadi kami setiap bulan mengikuti formula Peraturan ESDM, ketetapan harga diberikan pemerintah hari ini belum ada perubahan. Kalau soal harga itu ada di Kementerian ESDM," kata Nicke.



Simak Video "Dirut Pertamina Temui Pimpinan KPK, Bahas Pencegahan Korupsi"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)