Anggota DPR Kritik Pertamina Cuma Kasih Diskon BBM Buat Ojol

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 16 Apr 2020 16:10 WIB
driver ojol
Foto: istimewa
Jakarta -

Anggota Komisi VI DPR RI mengkritisi kebijakan PT Pertamina (Persero) yang hanya memberikan diskon BBM kepada pengemudi ojek online (ojol). Padahal konsumen bahan bakar minyak yang mungkin terdampak virus Corona (COVID-19) bukan hanya ojek daring.

"Ini kaitannya dengan mapping juga. Kalau dari satu sisi semua orang sudah mikirin ojek online," kata Anggota Komisi VI DPR RI Sonny T Danaparamita dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan direksi PT Pertamina (Persero) secara virtual Kamis (16/4/2020).

Dia mencontohkan pedagang sayuran keliling yang menggunakan kendaraan bermotor, mereka juga merupakan konsumen BBM. Dia mempertanyakan apakah kalangan mereka juga mendapatkan keringanan harga.

"Untuk yang lain misalkan sehari-hari di perumahan-perumahan itu ada penjual sayur yang saya lihat juga pakai motor. Mereka adalah pengguna juga BBM, sudah tercover juga atau belum?," tambahnya.

Sebagai informasi, PT Pertamina (Persero) mengumumkan akan memberikan promo cashback sebesar 50% khusus untuk pengemudi ojek online (ojol) yang melakukan pembelian BBM non-subsidi di SPBU Pertamina dengan menggunakan aplikasi MyPertamina.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, menjelaskan program ini dilakukan untuk meringankan beban hidup para pengemudi ojol terutama pada masa wabah COVID-19. Mengingat ojol jadi salah satu profesi yang sangat bermanfaat dan diandalkan untuk membantu memberikan pelayanan penghantaran kebutuhan sehari-hari.

"Diharapkan program yang berjalan 3 bulan ke depan ini juga bisa meringankan beban biaya yang harus dikeluarkan ojek online dalam menjalankan pekerjaannya," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (13/4/2020).



Simak Video "Nikita Mirzani Ancang-ancang Nyalon Anggota DPR"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/eds)