Kilang Balikpapan Akan Disetop Mei Gara-gara Corona

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 16 Apr 2020 19:20 WIB
Kilang Balikpapan
Kilang Balikpapan/Foto: Dok. Pertamina
Jakarta -

PT Pertamina (Persero) akan efisiensi kilang di tengah menurunnya permintaan BBM karena dampak Corona . Dirut PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan penurunan kapasitas pengolahan kilang akan dilakukan di kilang Balikpapan.

Nantinya pengurangan akan bertahap hingga akhirnya kilang Balikpapan berhenti operasi pada Mei 2020.

"Kami akan mulai menurunkan kapasitas operasi kilang sesuai dengan kondisi demand. Mulai April, kilang Balikpapan dilakukan penyetopan bertahap sehingga di awal Mei semua kilang Balikpapan diberhentikan," jelas Nicke dalam rapat kerja virtual bersma Komisi VI DPR, Kamis (16/4/2020).


Pertamina juga akan menunda eksplorasi sumur baru. Nicke mengatakan fokus Pertamina hanya untuk tetap melanjutkan kegiatan perawatan sumur yang sudah beroperasi.

"Sumur eksisting dioperasikan dengan efisiensi, eksplorasi sumur baru kami tunda. Ini satu langkah untuk menurunkan biaya investasi dan produksi sesuai target," kata Nicke.

Nicke juga mengatakan perusahaan baru saja membeli tambahan 10 juta barel minyak mentah di tengah harga yang sedang murah. Minyak ini akan disimpan untuk mengamankan stok BBM nasional.

"Ketika harga minyak brent US$24, kami melakukan pembelian tambahan 10 juta barel, sebagian kita dan dalam minggu ini. Kita optimalkan disimpan storage yang ada," jelas Nicke.



Simak Video "Dirut Pertamina Temui Pimpinan KPK, Bahas Pencegahan Korupsi"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)