Imbas PSBB Jabar, Konsumsi BBM Pertamina Turun tapi LPG Naik

Alfi Kholisdinuka - detikFinance
Sabtu, 02 Mei 2020 22:30 WIB
SPBU
Foto: pertamina
Jakarta -

Konsumsi BBM di wilayah Kota/Kab Bekasi, Purwakarta, Subang dan Karawang (Purwasuka) mengalami penurunan imbas dari PSBB dan WFH. Per April 2020 misalnya, produk Gasoline (Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo) turun sebesar 30% dan Gasoil (Dexlite dan Pertamina Dex) terkoreksi 28%, dibandingkan dengan konsumsi BBM normal.

Unit Manager Communication Relations & CSR MOR III Dewi Sri Utami mengatakan pada kondisi normal konsumsi rata-rata Gasoline di wilayah Kota/Kab Bekasi dan Purwasuka, yang termasuk dalam Sales Area Retail Karawang, mencapai 4.523 kilo liter (KL) per hari. Sedangkan, Gas Oil pada kondisi normal adalah 2.369 KL/hari.

"Walau demikian, sebagai bentuk komitmen kami untuk melayani kebutuhan masyarakat, seluruh SPBU tetap beroperasi dan tidak ada yang tutup, termasuk SPBU yang berada di ruas tol Jakarta-Cikampek dan sebaliknya," ujar Dewi dalam keterangan tertulis, Sabtu (2/5/2020).

Sementara, kebutuhan LPG di sektor rumah tangga saat ini meningkat karena sebagian besar masyarakat kini beraktivitas dari rumah. Pada bulan April, konsumsi LPG nonsubsidi untuk sektor rumah tangga, yakni Bright Gas 5,5 kg dan 12 kg naik 3%. Kenaikan konsumsi juga dialami LPG subsidi 3 kilogram (KG), mencapai 16%.

Untuk mengantisipasi kenaikan konsumsi LPG ini, selama bulan April, Sales Area Retail Karawang telah melakukan penambahan pasokan (fakultatif) LPG 3 kg lebih dari 50% dibanding konsumsi harian normal masyarakat. Penambahan tersebut dikucurkan secara bertahap sejak 1-29 April 2020.

"Kami memastikan stok BBM dan LPG saat ini berada dalam kondisi penuh dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat terutama pada bulan Ramadhan ini. Pertamina juga telah melakukan tambahan pasokan (fakultatif) untuk LPG di wilayah MOR III, yang didistribusikan kepada masyarakat melalui agen dan pangkalan LPG resmi Pertamina," jelas Dewi.

Satuan Tugas Ramadhan Idul Fitri (Satgas Rafico) Pertamina 2020 telah aktif sejak 1 April 2020 hingga 8 Juni 2020 mendatang untuk menjaga keberlangsungan penyaluran energi. Masyarakat dapat menghubungi Call Center 135 untuk informasi maupun pemesanan produk Pertamina yakni BBK dan LPG Non Subsidi dalam program Pertamina Delivery Service.

Promo Bright Gas Ramadhan

Bagi pengguna LPG Bright Gas, Pertamina tengah menawarkan berbagai promo Ramadhan. Salah satunya, promo diskon khusus bagi konsumen yang memesan Bright Gas melalui Call Center Pertamina 135 akan mendapat diskon biaya isi ulang hingga 25% serta bebas biaya antar. Promo ini berlaku nasional sejak 20 April hingga 18 Juni 2020.

Selain itu, program penukaran (trade-in) tabung LPG subsidi 3 kg menjadi Bright Gas 5,5 kg atau 12 kg. Pada program ini, masyarakat dapat menikmati potongan harga saat penukaran tabung, bahkan dapat memperoleh tabung perdana Bright Gas 12 Kg secara gratis untuk penukaran 3 tabung LPG 3 kg. Promo ini berlangsung nasional sejak 1 Mei- 0 Juni 2020.

"Melalui berbagai promo pada bulan Ramadhan ini, serta dengan akses layanan antar Pertamina Delivery Service, kami berharap masyarakat dapat beribadah dengan lebih nyaman dan tenang. Pertamina berkomitmen untuk menyediakan energi, tulus tak berhenti," pungkas Dewi.



Simak Video "Gegara Corona, Penjualan Pertamina Terendah Sepanjang Sejarah"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)