Program Listrik Gratis sampai September, Mau Diperpanjang Lagi?

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 01 Jun 2020 12:30 WIB
Petugas PLN Distribusi Jakarta Raya, Area Bulungan, tengah melakukan pemeriksaan tegangan pada alat pembatas dan pengukur di rumah pelanggan R1. 900 VA, di daerah Gandaria Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa (17/11/2015).
Pemerintah telah memutuskan untuk tetap memberikan subsidi listrik kepada seluruh pelanggan PLN dengan daya 450 VA. Rengga Sancaya/detikcom.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Pandemi virus Corona yang belum jelas kapan berakhirnya membuat pemerintah memperpanjang penyaluran bantuan sosial (bansos) hingga Desember 2020. Lalu bagaimana dengan subsidi listrik apakah akan ikut diperpanjang?

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menerangkan, untuk bansos pemerintah sudah menyiapkan anggarannya. Dengan begitu penyaluran bansos bisa diperpanjang hingga Desember 2020.

Sementara untuk pembebasan dan diskon tarif listrik untuk pelanggan kapasitas 450 VA dan 900 VA tidak mampu masih berlaku hingga September 2020. Meski begitu pemerintah masih mempertimbangkan untuk diperpanjang.

"Bansos keseluruhannya akan didesain sampai Desember. Untuk anggarannya kan sudah disediakan, yang belum ini kan listrik baru sampai September. Jadi sudah 3 bulan nanti dilihat lagi subsidi 450 VA sampai yang 900 VA," tuturnya kepada detikcom.

Awalnya pemerintah memberikan pembebasan dan diskon tarif listrik selama tiga bulan terhitung sejak April 2020. Kemudian diperpanjang hingga September 2020.

Anggaran yang disediakan pemerintah pun bertambah menjadi Rp 61,69 triliun atau naik Rp 6,9 triliun untuk dua kelompok pelanggan ini. Pemberian fasilitas ini juga sebagai langkah pemerintah mengurangi beban masyarakat di tengah hantaman Corona.

Tekno


Simak Video "Ombudsman: Ada Tarif Listrik Warga yang Naik hingga 1.000%"
[Gambas:Video 20detik]
(das/hns)