Duh! Subsidi Elpiji 3 Kg hingga Listrik Nggak Tepat Sasaran

Hendra Kusuma - detikFinance
Kamis, 25 Jun 2020 19:20 WIB
Subsidi Elpiji 3 kg akan dicabut pertengahan tahun ini. Pemerintah tak lagi memberikan subsidi pada barang melainkan langsung ke penerima manfaat.
Ilustrasi/Foto: Rifkianto Nugroho


Menyikapi hal itu, pimpinan rapat Banggar DPR Said Abdullah pun meminta pemerintah menyiapkan rencana kebijakan penyaluran subsidi energi di 2021 dengan skema langsung kepada orang.

Menurut Said, permasalahan data penerima manfaat subsidi bukan kali ini terjadi melainkan sudah beberapa tahun belakangan ini. Dengan kondisi data penerima yang belum tepat sasaran, maka akan berdampak pada kemampuan APBN.

"Masuk kepada subsidi LPG tadi, ini kita mau jujur saja, kalau LPG terus menerus terbuka, jebol fiskal kita, jebol keuangan pemeritnah. Itu melanggar UU. Kalau barang subsidi dijual terbuka berarti melanggar UU. Harusnya tertutup, by name by address," ujarnya.

Dengan demikian, Said pun memutuskan untuk menunda pembahasan mengenai kebijakan subsidi energi dan memberikan waktu kepada pemerintah untuk menyiapkan rencana kebijakan penyaluran subsidi tahun 2021 hingga Senin pekan depan.

"Dipertimbangkan betul. Kami bukan tidak setuju. Inclusion error itu terjadi. Oleh karenanya saya ingin apa yang kita sampaikan semua, mudah-mudahan kebijakan ini kami tunggu yang responsif seperti yang diharapkan Banggar," ungkap dia.

Halaman


Simak Video "Kriteria Penerima Subsidi Gaji Rp 600 Ribu dari Pemerintah"
[Gambas:Video 20detik]

(hek/hns)