Terungkap, Ini Penyebab Tagihan Listrik Chef Arnold Tembus Rp 10 Juta

Vadhia Lidyana - detikFinance
Kamis, 09 Jul 2020 19:20 WIB
MasterChef Indonesia Chef Arnold
Foto: Istimewa
Jakarta -

Keluhan Chef Arnold Poernomo terkait tagihan listrik bulan Juli membengkak 4 kali lipat langsung direspons PLN.

Setelah cuitannya ramai dikomentari warganet di Twitter, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur langsung menghampiri rumah Chef Arnold yang berlokasi di Kota Surabaya.

Saat menemui Chef Arnold, PLN menjelaskan penyebab tagihan listrik di Bulan Juli yang membengkak menjadi Rp 10 juta dari yang biasanya Rp 2,5 juta/bulan.

Menurut Manager PLN ULP Ngagel Iva Parastutik yang menemui Arnold, pembengkakan itu disebabkan oleh dihentikannya sementara pemeriksaan meter ke rumah-rumah pelanggan PLN oleh petugas baca meter. Akibatnya, tagihan pemakaian listrik akhir Maret-Mei dihitung berdasarkan rata-rata pemakaian 3 bulan sebelumnya. Ternyata, terdapat selisih antara pemakaian riil dibandingkan yang telah ditagihkan pada bulan April-Juni 2020.

"Selisih pemakaian tersebut terakumulasi ke dalam tagihan Juli 2020 dikarenakan pada akhir Juni angka stand meter sudah bisa dibaca petugas," terang Iva.

Menurut Iva, setelah mendapatkan penjelasan itu Chef Arnold memahami penjelasan dan alasan lonjakan tagihan listriknya pada Bulan Juli.

Melalui akun Twitternya @ArnoldPoernomo, Chef Arnold menyatakan aksi damai dengan PLN setelah ia menyampaikan komplain pada pukul 11.20 WIB tadi.

"Oke kita sudah damai. Thank you pelayanannya dan penjelasan ente @pln_123. Cepet dan gesit, dan team di Surabaya makasih. Jadi saya harus tetap bayar," unggahnya, Kamis (9/7/2020) pada pukul 15.54 WIB.



Simak Video "Tagihan Listrik Naik, Tompi: PLN Harus Perbaiki Komunikasi Publik"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)