Jawaban Dirut PLN Usai Dicecar DPR soal Tagihan Listrik Bengkak

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 22 Jun 2020 17:40 WIB
Sesuai RUPS PT PLN (Persero) tahun 2019 memutuskan mengangkat dan menetapkan Amien Sunaryadi sebagai Komisaris Utama PLN dan Zulkifli Zaini sebagai Direktur Utama PLN.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Direktur Utama PT PLN (Persero) Zulkifli Zaini merespons cecaran anggota Komisi VI DPR RI soal kenaikan tagihan listrik pelanggan di masa pandemi COVID-19.

Hal itu terjadi saat berlangsungnya rapat dengar pendapat (RDP) membahas Penyertaan Modal Negara (PMN), dana talangan, atau utang yang dicairkan pemerintah ke BUMN untuk tahun anggaran 2020.

"Kami akan merespon terhadap hal-hal yang Bapak Ibu sampaikan pada kesempatan ini, khusus untuk PLN kami ingin menyampaikan pada kesempatan baik ini bahwa kami sungguh bersimpati terhadap semua pelanggan kami yang saat ini mengalami kenaikan dari tagihan," kata dia dalam RDP, Senin (22/6/2020).

Dia mengatakan sudah berupaya meringankan beban masyarakat dengan memperbolehkan membayar tagihan listrik dengan dicicil.

"Kami sudah menyampaikan solusi terkait dengan kenaikan tagihan itu dengan misalnya memberikan kesempatan untuk mencicil hal yang terkait dengan kenaikan tagihan itu. Sekalian Bapak Ibu sekalian terima kasih perhatian terhadap PLN. Ini menunjukkan bahwa Bapak Ibu cinta kepada PLN. Terima kasih," jelas Zulkifli.

Anggota Komisi VI DPR RI Mufti Anam sebelumnya mengatakan bahwa masyarakat mengeluhkan naiknya tagihan listrik.

"Mereka harus merasakan kenaikan listrik yang sangat signifikan. Bahkan karyawan kami dari daerah tiba-tiba restoran tutup selama 2 bulan ini tapi tagihannya tetap sama ketika normal. Ini banyak terjadi oleh restoran milik kawan-kawan kami di daerah. Hati rakyat kami terluka," ujarnya.

Anggota Komisi VI DPR RI Herman Khaeron juga menyampaikan hal senada. Di tengah pandemi COVID-19 masyarakat harus membayar tagihan listrik lebih besar dari biasanya.

"Di kala terjadi COVID, justru tagihan PLN naik. Bahkan ada kawan saya tarifnya naik 300%. Lalu nanti apa dampaknya pada masyarakat kalau nanti (PLN) kita berikan bantuan (penyertaan modal negara/PMN)?," tambah dia.



Simak Video "Tagihan Listrik Naik, PLN: Bayar Bisa Dicicil"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/zlf)