Pasokan BBM dari Kilang Terbesar RI Jelang Idul Adha Aman

Arbi Anugrah - detikFinance
Rabu, 29 Jul 2020 23:30 WIB
Pembangunan Residual Fluid Catalytic Cracker (RFCC) yang berada di area Kilang Cilacap sudah rampung. Kilang yang memproduksi gasoline RON 92 atau Pertamax itu akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat. Rencananya akan diresmikan pada awal Oktober. RFCC Cilacap akan memproduksi gasoline RON 92 sehingga kurangi impor. Hasan Alhabshy/detikcom.
Foto: Hasan Al Habshy
Cilacap -

PT Pertamina (Persero) Refinery Unit IV Cilacap memastikan suplai produk bahan bakar minyak (BBM) bagi masyarakat dari kilang miliknya tetap tercukupi selama Idul Adha 1441 Hijriah. Menurut Hatim Ilwan, Unit Manager Communication, Relations & CSR PT Pertamina (Persero) Refinery Unit IV, sebagai salah satu dari 7 kilang yang dikelola Pertamina, Kilang Cilacap sangat strategis.

Kapasitas olah crude (minyak mentah) unit pengolahan ini mencapai 348.000 barel/hari.

"Atau sekitar 33,4% dari kapasitas kilang nasional," kata Hatim dalam pesan tertulisnya, Rabu (29/7/2020).

Menurut dia, hampir seluruh produk dihasilkan dari kilang yang beroperasi sejak 1976 ini. Mulai dari BBM, petrochemical dan lube base yang dijadikan bahan dasar pelumas.

Untuk BBM, seluruh produk yang dijual oleh Pertamina diproduksi di unit pengolahan ini, seperti jenis gasoline (premium dan pertamax), gasoil (solar dan dexlite), avtur, LPG, hingga bahan bakar boiler & furnace serta marine fuel.


Peran Kilang Cilacap, menurut Hatim, memang terasa sangat penting bagi ketersediaan BBM di Tanah Air. Hampir sepertiga kebutuhan BBM nasional dipasok dari kilang yang mampu memproduksi Pertamax RON 92 atau setara EURO IV ini.

"Khusus Pulau Jawa, Kilang Cilacap memasok 60% kebutuhan BBM-nya," ujarnya.

Tak hanya menyediakan bagi kebutuhan Propinsi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Timur. Produk BBM dari kilang Cilacap juga memenuhi konsumsi masyarakat Bali serta Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Langsung klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bahagianya Rara LIDA Bisa Berkurban Pertama Kali saat Idul Adha"
[Gambas:Video 20detik]