2 Kilang Minyak AS Tumbang, 800 Pekerja Terancam Menganggur

Danang Sugianto - detikFinance
Minggu, 02 Agu 2020 22:00 WIB
Ilustrasi sektor migas
Foto: Ilustrasi Migas (Fauzan Kamil/Infografis detikcom)
Jakarta -

Marathon Petroleum berencana untuk secara menutup permanen dua kilang minyak kecil di Amerika Serikat (AS). Kedua kilang itu berada di Martinez, California, dan Gallup, New Mexico

Melansir Reuters, Minggu (2/8/2020), perusahaan menyatakan, dengan ditutupnya 2 kilang tersebut maka akan ada 800 lapangan pekerjaan yang hilang. Hal itu merupakan imbas dari penurunan permintaan bahan bakar.

Permintaan atas bahan bakar minyak di AS menurun drastis karena adanya wabah COVID-19. Kilang minyak di AS rata-rata menurunkan sekitar 20% dari total kapasitas pemrosesan.

Marathon Petroleum berencana menggunakan kilang di Martinez untuk fasilitas penyimpanan minyak dan sedang mengevaluasi pemanfaatannya untuk menghasilkan bahan bakar terbarukan yang terbuat dari limbah industri dan minyak goreng bekas. Martinez adalah kilang terbesar keempat di California.

Perusahaan pada hari Senin diperkirakan akan mengalami kerugian di kuartal II-2020 sebesar $ 1,75 per saham, dari sebelumnya mengantongi laba $ 1,73 per saham di tahun lalu.

Marathon sedang merundingkan penjualan jaringan SPBU Speedway, sebuah kesepakatan yang dapat menghasilkan antara $ 15 miliar dan $ 17 miliar, menurut laporan Reuters bulan lalu.

Saham maraton diperdagangkan pada US$ 38,20 pada hari Jumat lalu, turun 38% dari awal tahun.

Juru bicara Marathon, Sid Barth menolak berkomentar lebih lanjut tentang penutupan pada hari Sabtu.

Sekitar 860 karyawan bekerja kilang Martinez yang memproduksi minyak 161.000 barel per hari (bpd) dan 27.000 bpd di kilang Gallup.

"Sebagian besar pekerjaan di kilang ini tidak lagi diperlukan, dan kami berharap akan memulai pengurangan bertahap tingkat staf," kata perusahaan.



Simak Video "2 Orang Tewas dan 14 Terluka dalam Penembakan Massal di New York"
[Gambas:Video 20detik]
(das/dna)