Warga Lokal Bakal Dilatih Buat Garap Blok Masela

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 04 Agu 2020 17:10 WIB
blok masela
Foto: Achmad Dwi Afriyadi
Jakarta -

Sumber daya manusia (SDM) lokal bakal akan mendapat pelatihan dan pendidikan untuk turut serta dalam proyek pengembangan Lapangan Abadi, Blok Masela, Maluku. Hal itu ditandai dengan acara Penandatangan Nota Kesepahaman antara Pemerintah Provinsi Maluku dengan Petrotekno dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia di Provinsi Maluku.

Presiden Direktur PT Petrotekno Sarwono Pratomo Satrio mengatakan, kerja sama ini untuk menyambut proyek pengembangan Lapangan Abadi.

"Adapun kegiatan kerja sama ini dilakukan dalam menyambut eksplorasi dan produksi Lapangan Abadi di Wilayah Kerja Masela di Provinsi Maluku dan project-project lain yang ada di Maluku yang bisa didukung putra-putri daerah," katanya dalam sambutan di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (4/8/2020).

Dia mengatakan, peserta yang mengikuti pelatihan menggunakan standar dan sertifikasi internasional. Meski, ia belum memaparkan secara rinci berapa peserta yang akan dilatih.

"Kita juga menerapkan untuk standar dan sertifikasi internasional agar peserta-peserta adek-adek yang mengikuti pelatihan tidak hanya berkesempatan bekerja Indonesia namun juga berkesempatan bekerja di luar negeri," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Maluku Murad Ismail mengatakan, penandatangan ini sebagai upaya mewujudkan sumber daya manusia yang profesional.

"Penandatangan nota kesepahaman hari ini menjadi salah satu bagian cara Pemerintah Provinsi Maluku mewujudkan sumber daya manusia yang profesional kreatif dan berprestasi dengan skema pembangunan sumber daya manusia yang akan dilakukan Petrotekno dalam bentuk pendidikan dan pelatihan," terangnya.

Dia melanjutkan, dengan itu maka diharapkan menciptakan angkatan kerja yang siap dan kontribusi dalam pengembangan Lapangan Abadi Masela.

"Diharapkan akan menciptakan angkatan kerja yang siap dan mampu berkontribusi pembangunan Maluku khususnya pembangunan gas alam cair Lapangan Abadi Wilayah Kerja Masela, Provinsi Maluku," terangnya.



Simak Video "Jokowi Minta Konten dan Pekerja Lokal Diberdayakan di Blok Masela"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)