Satu Pulau di Maluku Diberikan untuk Proyek Blok Masela

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 04 Agu 2020 19:51 WIB
Gubernur Maluku, Murad Ismail.
Foto: Muslimin Abbas/detikcom: Gubernur Maluku Murad Ismail
Jakarta -

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku menjamin pengadaan lahan untuk pengembangan Lapangan Abadi, Blok Masela di Maluku. Pemprov menyatakan akan mendukung proyek strategis nasional (PSN) pemerintah pusat ini.

Gubernur Maluku Murad Ismail mengungkapkan demi proyek Blok Masela, Pemprov Maluku membebaskan satu pulau .

"Saya kemarin telah menyerahkan satu pulau kebetulan masyarakat di situ cuma ada 2 atau 3 keluarga kita bebasin namanya Nustual. Itu kita sudah serahkan SKK dan Inpex kalau untuk spot lahan jangan pernah ragukan. Jangan pernah bimbang tentang sikap Provinsi Maluku dan Kabupaten," jelas Murad di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (4/8/2020).

Dia mengatakan, memang sejak proyek ini didengungkan banyak wilayah yang telah diduduki. Murad menyatakan akan membantu untuk pembebasan lahan tersebut.

"Memang pada saat Masela didengungkan ini sudah 10 tahun lalu, 10-20 tahun lalu banyak orang yang menduduki tempat-tempat itu, tapi akan kita fasilitasi agar tidak menghambat pembangunan Masela ini ke depan. Boleh ganti rugi segala macam tapi yang wajar," ungkapnya.

"Semua izin lahan di atas 5 hektare itu adalah kewenangan dari Gubernur. Jadi saya akan bantu dan saya akan berdiskusi Pak Bupati Kepulauan Tanimbar dengan Bupati MBD (Maluku Barat Daya) dan kita harus dukung 1.000%," sambung mantan Komandan Korps Brimob Polri itu.

Soal target pembebasan lahan, Murad bilang tergantung dari niatan Inpex. Sebab, kata dia, Inpex yang memiliki pekerjaan dalam proyek ini.

"Tergantung dari Inpex mau selesaikan kapan. Kita tinggal tunggu aja. Nggak mungkin menyelesaikan masalah sebelum ada dorongan dari Inpex. Inpex kan yang punya kerjaan," tutur Murad.



Simak Video "Jokowi Minta Konten dan Pekerja Lokal Diberdayakan di Blok Masela"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/hns)