Proyek Pipa Gas Cirebon-Semarang Sudah 14 Tahun, Ganjar 'Paksa' Dibereskan

Angling Adhitya Purbaya - detikFinance
Selasa, 11 Agu 2020 16:46 WIB
Ganjar Pranowo paksa pipa gas Cirebon Semarang segera rampung
Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang -

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo 'memaksa' proyek pembangunan pipa gas ruas Cirebon-Semarang segera rampung. Ia meminta pertengahan bulan September 2020 pembangunan harus segera dimulai.

"Saya tidak menekan, tapi saya memaksa. Tapi jangan stres, kalau stres sistem imun turun," kata Ganjar dalam rapat Rapat Koordinasi Percepatan Pembangunan Pipa Transmisi Ruas Cirebon - Semarang yang digelar di Hotel PO Semarang, Selasa (11/8/2020).

Untuk diketahui, Berdasarkan Rencana Induk Jaringan Transmisi dan Distribusi Gas Bumi Nasional (RIJTDGBN), pada tahun 2006 BPH Migas telah melelang ruas transmisi yang salah satunya adalah ruas CISEM (Cirebon-Semarang) dengan PT Rekayasa Industri (Rekind) ditetapkan sebagai pemenang lelang dengan spesifikasi penawaran lelang adalah diameter 28", panjang 255 Km, kapasitas desain 350-500 MMSCFD, nilai investasi US$ 169,41 juta.

Groundbreaking baru dilakukan Februari 2020, maka rapat koordinasi digelar dan mengundang pemangku wilayah yaitu Gubernur Jawa Tengah. Dalam rapat itu Ganjar langsung mencecar pihak PT Rekind dan menanyakan apa kendalanya. Pihak Rekind menyatakan soal gas shipper belum rampung, sedangkan gas shipper merupakan kewenangan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN).

"Rekind (duduk) berdekatan dengan PGN apa yang kau minta?" tanya Ganjar.

Langsung klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pipa Gas Meledak Dekat Masjid Bangladesh, Puluhan Orang Terluka"
[Gambas:Video 20detik]