Mulan Minta Pertamax Seharga Premium, Pertamina Bisa Makin Rugi

Vadhia Lidyana - detikFinance
Selasa, 01 Sep 2020 12:15 WIB
Video: Mulan Jameela Usul, Minta Harga Pertamax Setara Premium
Foto: 20detik
Jakarta -

Anggota Komisi VII DPR RI Fraksi Gerindra Mulan Jameela meminta PT Pertamina (Persero) untuk menurunkan harga Pertamax seharga Premium. Hal itu ia sarankan menyusul rencana pemerintah menghapus BBM dengan kandungan RON rendah seperti Premium dan Pertalite.

Namun, menurut Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan menurunkan harga Pertamax (Rp 9.000-Rp 9.200)ke Premium (Rp 6.450-6.550) akan menambah beban keuangan Pertamina yang kini sudah merugi hingga Rp 11 triliun.

"Saya kira akan menjadi beban Pertamina jika mereka harus menanggung selisih harga tersebut secara keseluruhan," ungkap Mamit kepada detikcom, Selasa (1/9/2020).

Jika harga Pertamax akan diturunkan untuk mendorong konsumsi BBM lebih ramah lingkungan, maka skemanya diusulkan menggunakan subsidi pemerintah.

"Saya lebih prefer jika kita menggunakan skema subsidi tetap seperti saat ini yang berlaku untuk subsidi solar. Misalnya ditetapkan subsidi adalah Rp 1.000 per liternya. Dengan demikian, ini sangat membantu masyarakat sehingga harga Pertamax tidak terlalu tinggi," urai Mamit.

Namun, jika harganya disamakan ke level Premium maka subsidinya akan semakin besar, dan menambah beban negara.

"Hal ini pasti akan membebani keuangan negara karena subsidi yang di keluarkan oleh pemerintah jumlahnya akan meningkat jika dibandingkan saat ini," terang dia.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Dear Pertamina, Mulan Jameela Usul Harga Pertamax Setara Premium"
[Gambas:Video 20detik]