Cara Mudah Pasang Baru PLN Daftar Bisa Online, Begini Caranya

Rosmha Widiyani - detikFinance
Selasa, 01 Sep 2020 14:06 WIB
PLN mengerahkan petugas untuk memastikan kesesuaian tagihan rekening listrik penggunanya.
Foto: Grandyos Zafna/Cara Mudah Pasang Baru PLN Daftar Bisa Online, Begini Caranya
Jakarta -

PT PLN (Persero) kian mempermudahkan pelanggan yang ingin melakukan pasang listrik baru. Tak perlu datang ke kantor PLN, pasang baru PLN bisa dilakukan secara online.

Listrik menjadi kebutuhan utama tiap rumah tangga untuk menjalankan kegiatan sehari-hari. Tanpa listrik, berbagai peralatan elektronik tidak bisa berfungsi yang berdampak buruk pada aktivitas harian.

Saat ini, PLN menjadi penyedia utama kebutuhan listrik di seluruh Indonesia untuk berbagai kebutuhan, termasuk rumah tangga. Bagi yang hendak mendapatkan pasokan listrik rutin, tentu harus menjadi pelanggan PLN lebih dulu.

Cara untuk pasang baru PLN ternyata sangat mudah dan bisa diakses online melalui situs PLN. Bila pendaftaran PLN pasang baru disetujui, maka pasokan listrik sudah tersedia dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

Berikut cara mudah pendaftaran pasang baru PLN online:

1. Klik https://portal.pln.co.id/ dan pilih pelayanan pelanggan

2. Setelah masuk laman https://layanan.pln.co.id/, pilih pasang baru di kolom Web Korporasi PLN

3. Calon pelanggan akan melihat syarat dan ketentuan pasang baru PLN, selanjutnya klik Setuju dan OK di kolom Informasi

4. Lengkapi Data Pelanggan dan Data Pemohon yang diperlukan untuk pasang baru PLN

5. Di Data Pelanggan klik Hitung Biaya untuk mengetahui tarif yang harus dibayar sesuai kebutuhan listrik

6. Tarif listrik selanjutnya dibayarkan lewat ATM atau channel pembayaran lain yang tersedia.

Sebelum resmi pasang baru PLN, calon pelanggan bisa mengetahui tarif yang harus dibayarkan di menu Simulasi dalam laman https://layanan.pln.co.id/. Penentuan tarif berdasarkan produk layanan yang dipilih yaitu prabayar atau pascabayar.

Untuk PLN pasang baru prabayar, pelanggan selanjutnya harus mengisi peruntukan, data, Rp beli token perdana, dan kabupaten/kota. Sebagai contoh, produk prabayar untuk kebutuhan rumah tangga perkiraan biaya yang harus dibayar adalah Rp 866 ribu. Biaya berlaku untuk daya 900 dan Rp beli token perdana Rp 20 ribu di Kota Bekasi, Jawa Barat.

Sedangkan untuk PLN pasang baru pascabayar, pelanggan wajib mengisi peruntukan dan daya kebutuhan listrik. Sebagai contoh, produk pascabayar untuk kebutuhan rumah tangga daya 900 maka estimasi total biaya yang harus dibayar adalah Rp 489.300.



Simak Video "Hore! Tarif Listrik Per Oktober Turun Rp 22,58/kWh"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)