Ahok Beberkan Masalah Pertamina, Komisi VI DPR: Kasih Kritik Harus Ada Solusi!

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 16 Sep 2020 18:45 WIB
Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok meluncurkan buku Panggil Saya BTP di Gedung Tempo, Palmerah, Jakarta Selatan, Senin (17/2/2020).
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) membeberkan banyak masalah yang terjadi di Pertamina.

Ahok bahkan menyebut ada lobi-lobi yang dilakukan oleh direksi dan komisaris ke menteri BUMN, selain itu juga ahok meminta adanya audit pada proyek kilang yang dilakukan oleh Pertamina.

Menanggapi hal tersebut Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Ramson Siagian mengungkapkan kritik yang disampaikan oleh komisaris utama seharusnya bisa dikomunikasikan dengan dewan direksi, dewan komisaris dan menteri BUMN bahkan Presiden.

"Kalau memberikan kritik harus ada solusi dan tindakan langsung meminta sinergikan antar komisaris, dirut dan dewan direksi," kata dia saat dihubungi detikcom, Rabu (16/9/2020).

Dia mengungkapkan jika memang ada masalah harus diperiksa kapan masalah tersebut terjadi.

"Jadi harus dilihat masalahnya itu di direksi kapan? Kemarin apa bagaimana? Kalau ada kerugian itu juga harus dilihat ada insefisiensi di mana. Harusnya komisaris utama menyampaikan itu ke dewan direksi," ujar dia.

Ramson menyebut dewan direksi dan komisaris ini sudah rata-rata jabatan politis hanya tidak dipilih secara langsung seperti anggota DPR, DPRD, DPD, Bupati, Walikota, Gubernur dan Presiden.



Simak Video "Ahok Bongkar Aib Pertamina, DPR Bersuara"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/ang)