Trump Larang Pengeboran Minyak di 2 Lepas Pantai Ini, Kenapa Nih?

Danang Sugianto - detikFinance
Sabtu, 26 Sep 2020 12:25 WIB
Covid-19: Donald Trump sengaja meremehkan virus corona padahal tahu sejak awal virus itu mematikan, sebut buku karya wartawan senior
Presiden AS Donald Trump/Foto: BBC World
Jakarta -

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada hari Jumat waktu setempat mengumumkan larangan pengeboran minyak di lepas pantai North Carolina dan Virginia. Keputusan itu memperluas moratorium Atlantik yang dia umumkan bulan ini.

Dilansir New York Post, Sabtu (26/9/2020), Trump mengumumkan larangan mengejutkan itu pada rapat umum kampanye besar di Newport News, Virginia. Dia awal bulan ini telah melarang pengeboran di lepas pantai Florida, Georgia, dan Carolina Selatan.

"Anda akan sangat senang Virginia dan Carolina Utara. Ayolah, Carolina Utara, kamu akan sangat bahagia, kamu akan bersorak seperti orang gila," katanya.

Trump mengumumkan moratorium Atlantiknya yang mengejutkan pada 8 September, sebelum akhirnya mengumumkan bahwa dia memperpanjang moratorium selama 10 tahun ke bagian utara.

"Karena kebetulan saya sangat menyukai negara bagian ini, saya berkata, 'Bagaimana dengan Virginia? Bagaimana dengan North Carolina?" kata Trump.

"Jadi saya memperpanjang moratorium ke North Carolina dan Virginia, dan jika Anda ingin memiliki rig minyak di luar sana, beri tahu saya, kami akan menghentikannya. Aku juga bisa mengerti itu," tamabahnya.

Trump dan pesaing kandidat presiden partai Demokrat Joe Biden memang bersaing ketat di Carolina Utara. Trump mengatakan pada rapat umum itu bahwa dia berharap memiliki peluang di Virginia, sebuah wilayah yang pada waktu pemilihan 2016 dia kalah dari Hillary Clinton.

Trump juga menggembar-gemborkan kampanye kemandirian energi AS dan mengecam kebijakan energi yang ditawarkan Biden. Biden berjanji akan melarang fracking hidrolik untuk teknik pengeboran minyak dan gas alam.

"(Biden) ingin melarang fracking, bagaimana dengan itu?" kata Trump.

Awal bulan ini Trump membandingkan dirinya dengan Presiden pendahulunya Teddy Roosevelt dalam pidatonya di Florida yang mengumumkan larangan pengeboran Atlantik.

"Nomor satu sejak Teddy Roosevelt. Siapa sangka, Trump adalah ahli lingkungan yang hebat? Saya, saya. Saya sangat yakin akan hal itu," ucapnya.

(das/ara)