Lagi Finalisasi, Ini Dia Pengganti Chevron di Proyek IDD

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 30 Sep 2020 17:24 WIB
Chevron Pangkas Jumlah karyawan
Ilustrasi/Foto: Istimewa
Jakarta -

PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) mau melepas hak kelola pada proyek minyak dan gas (migas) Ultra Laut Dalam (Indonesia Deepwater Development/IDD) kepada Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) lain. Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Dwi Soetjipto mengatakan Chevron sedang proses merampungkan penyerahan proyek tersebut kepada perusahaan hulu migas asal Italia ENI S.p.A.

"IDD perkembangan terakhir Chevron sudah lebih mengerucut dengan ENI, mungkin saat ini sedang proses finalisasi," kata Dwi dalam rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi VII DPR RI, Rabu (30/9/2020).

Jika nantinya ENI menggantikan Chevron dalam proyek tersebut, Dwi bilang, akan menciptakan dampak positif. Sebab biaya investasi dalam proyek tersebut dinilai bisa lebih efisien atau turun.

"Bisa menurunkan investasi dari fasilitas produksinya karena kemudian bisa meng-connect kepada (lapangan) jangkrik yang sudah dimiliki oleh ENI," tutur Dwi.

Untuk diketahui, proyek IDD merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN) yang menjadi fokus perhatian pemerintah untuk dapat segera diwujudkan. Oleh karena itu, pembahasan terus dilakukan untuk dapat memastikan penanganan proyek IDD sesuai harapan.

Proyek IDD bisa berproduksi hingga 1.120 juta kaki kubik per hari (Million Standard Cubic Feet per Day (MMSCFD) gas dan minyak 40 ribu barel per hari (bph). Proyek ini ditargetkan akan beroperasi pada kuartal I-2024.

(hns/hns)