Trump Positif Corona, Harga Minyak Langsung Merosot

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 02 Okt 2020 13:33 WIB
Harga Minyak Mentah AS Di Bawah Nol, Pembeli Tidak Bayar Malah Ditawari Uang
Ilustrasi/Foto: DW (News)
Jakarta -

Harga minyak turun di perdagangan Asia pada Jumat sore ini setelah Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengumumkan dirinya positif virus Corona.

Dilansir CNBC, Jumat (2/10/2020), harga minyak mentah berjangka Brent turun 2,71% menjadi US$ 39,82 per barel berdasarkan patokan internasional. Minyak mentah berjangka AS juga merosot 2,89% menjadi US$ 37,60 per barel. Kondisi itu mengikuti penurunan yang cukup besar pada hari Kamis hampir 4%.

Saham perusahaan minyak secara regional juga turun pada perdagangan Jumat. Di Australia, saham Beach Energy turun 7,3%, sementara Santos turun lebih dari 5%. Di Jepang, Inpex tergelincir 3,25%.

Di Australia, indeks S&P turun 1,56%. Data penjualan ritel Australia untuk Agustus turun 4% dalam basis yang disesuaikan secara musiman, menurut data dari Biro Statistik negara tersebut. Itu menyusul kenaikan 3,2% pada Juli.

Di Jepang, Nikkei 225 turun 0,82%, sedangkan indeks Topix tergelincir 1,14%. Bursa Efek Tokyo kembali diperdagangkan pada hari Jumat menyusul penghentian perdagangan kemarin yang disebabkan oleh kesalahan perangkat keras.

Lalu indeks Straits Times Singapura tergelincir 1,1%. Secara keseluruhan, indeks MSCI Asia kecuali Jepang turun 0,32%.

Pasar di China, Hong Kong, Taiwan, Korea Selatan dan India tutup pada hari Jumat untuk libur.

(toy/ara)